Home Tafsir Mimpi Haji, Umrah & Qurban Doa Tasawuf/Akhlak Jenazah Khutbah Ekonomi Syariah Ilmu Hadits Shalawat/Wirid Lainnya Doa Bahtsul Masail Ilmu Tauhid Nikah/Keluarga Zakat Hikmah Tafsir Sirah Nabawiyah Ubudiyah

Arti Mimpi tentang Harimau, Kera, Anjing dan Babi

Arti Mimpi tentang Harimau, Kera, Anjing dan Babi
Arti Mimpi tentang Harimau, Kera, Anjing dan Babi
Arti Mimpi tentang Harimau, Kera, Anjing dan Babi

Tulisan ini merupakan kelanjutan tafsir mimpi tentang hewan pada pembahasan sebelumnya.

 

Mimpi tentang Harimau
Mimpi melihat harimau memiliki arti penguasa, polisi, tentara, atau penyamun (begal). Jika orang bermimpi mengendarai harimau dan takut dengannya, maka menunjukkan arti ia akan terkena musibah. Jika ia bermimpi mengendarai harimau tanpa ketakutan padanya, atau bermimpi ada harimau di rumahnya, atau ia berjalan beriringan dengan harimau, maka menunjukkan arti kalau ia akan selamat dari musuhnya, lalu musuhya itu akan menjadi kawan. 

 

Jika ia bermimpi bertemu dengan harimau dan, lari dari kejarannya hingga ia selamat dan tidak melihatnya lagi, maka berarti ia akan menang dalam melawan musuhnya dan selamat dari hal yang ditakutkannya. Terkadang pula mimpi semacam ini menunjukkan arti kalau ia akan mendapatkan ilmu yang berharga. Penafsiran terakhir ini berlandaskan isyarat pada ayat berikut:

 

فَفَرَرْتُ مِنْكُمْ لَمَّا خِفْتُكُمْ فَوَهَبَ لِي رَبِّي حُكْمًا وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُرْسَلِينَ

 

Artinya, “Lalu aku lari meninggalkan kamu ketika aku takut kepadamu, kemudian Tuhanku memberikan kepadaku ilmu serta Dia menjadikanku salah seorang di antara rasul-rasul.” (QS as-Syu’ara’: 21).

 

Arti yang sama juga berlaku selain dikejar oleh harimau, yakni dikejar oleh orang atau apapun yang ditakuti, lalu selamat dan tidak yang mengejar tidak terlihat lagi.

 

Ulama pakar tafsir mimpi kenamaan, Ibnu Sirin, mengartikan mimpi tentang harimau dengan arti pemimpin yang sewenang-wenang. Pernah pada suatu waktu ada seorang lelaki bertanya kepada Ibnu Sirin:

 

“Aku bermimpi seolah-olah ada anak harimau yang tinggal di rumahku.”

 

“Engkau pernah menyetubuhi anak perempuan dari seorang pemimpin atau raja”, jawab Ibnu Sirin.

 

“Aku juga pernah bermimpi seolah di depanku ada anak harimau, lalu aku merawatnya”, tanya lelaki itu lagi. 

 

“Mungkin istrimu pernah menyusui salah satu anak pemimpin atau raja”, Ibnu Sirin menjawab.

 

“Engkau benar dalam mengartikan kedua mimpiku”, tukas Lelaki itu menanggapi. 

 

Jika orang bermimpi ada harimau melompati tikus, maka menunjukkan arti pemimpin sedang menyengsarakan rakyatnya. Jika ia bermimpi menggembala atau memberi makan harimau, maka ia akan berkawan dengan pemimpin yang jahat.

 

Mimpi tentang Kera
Mimpi kera menunjukkan arti lelaki yang memiliki aib. Adapula yang mengartikan kera dalam mimpi dengan arti lelaki yang telah melakukan dosa besar. Jika seseorang bermimpi menaiki kera, maka memiliki arti ia telah melakukan perbuatan keji. Jika ia bermimpi memakan daging kera maka berarti ia berupaya menutupi aibnya, namun aib tersebut tidak dapat ditutupi.
 
 

Jika ia bermimpi berkelahi dengan kera, berarti ia akan sakit. Jika kera mengalahkan dirinya dalam perkelahian itu, maka sakit yang akan diderita tidak akan bisa sembuh. Jika ia bermimpi digigit oleh kera, maka menunjukkan beragam arti. Pertama, ia akan cekcok atau berselisih dengan orang lain. Kedua, jika ia pedagang, maka akan rugi. Ketiga, Jika ia adalah pekerja, buruh atau karyawan, maka akan keluar dari pekerjaannya. Keempat, jika ia adalah pejabat maka akan kehilangan jabatannya. 

 

Mimpi tentang Anjing 
Mimpi anjing menunjukkan arti lelaki bodoh berperangai buruk. Jika prang bermimpi ada anjing yang berbuat baik kepadanya, maka menunjukkan arti kalau lelaki bodoh akan menjadi kawannya. Mimpi anjing betina menunjukkan arti perempuan hina dari golongan yang hina pula. Jika orang bermimpi digigit anjing, maka menunjukkan arti kalau ia akan terkena gangguan dari musuh. Terlebih jika dalam mimpinya gigitan anjing itu sampai merobek pakaian atau melukai kulitnya. Mimpi digigit anjing terkadang juga berarti ia akan sakit.  

 

Beda halnya jika orang bermimpi melihat anjing yang terlatih (al-kalb al-mu’allam), maka menunjukkan arti ada seorang lelaki yang menolong dirinya untuk melawan musuh, atau ada seorang lelaki yang membantu mencarikan rejeki untuknya, namun ia memiliki perangai buruk dan tidak punya budi pekerti baik. (Abu ‘Abdillah Muhammad bin Abdullah bin Rasyid, al-Martabah al-‘Ulyâ fî Tafsîr ar-Ru’yâ, [Beirut, Dar al-Kutub al-Islamiyyah: 2003 M], halaman 132-134).

 

Mimpi tentang Babi 
Babi menunjukkan arti musuh yang banyak melakukan tipu daya. Mimpi melihat babi juga menunjukkan arti keburukan, gangguan, kesombongan, atau uang haram. Jika orang bermimpi menaiki babi, maka berarti ia akan mendapatkan uang banyak. Selain itu, babi oleh ulama mu’abbirîn juga diartikan sebagai simbol kaum Nasrani. Misal seperti penafsiran Ibnu Sirin pada mimpi seseorang yang bertanya kepadanya:

 

“Wahai Ibnu Sirin, Aku semalam bermimpi seolah di atas ranjangku ada babi betina.”

 

Ibnu sirin pun menjawab: “Engkau telah menyetubuhi wanita Nasrani.”

 

“Engkau benar”, jawab lelaki itu.

 

Ada pula kisah tentang orang yang mengadukan mimpi kepada salah seorang mu’abbir atau ahli tafsir mimpi:

 

“Aku bermimpi seolah babi mengajariku bercocok tanam.”

 

Sang Mu’abbir pun langsung menjawab: “Engkau nanti akan belajar menulis dari tangan orang Nasrani.”

 

Kemudian apa yang ditafsirkan itu benar-benar tejadi. 

 

Adapun mimpi memakan daging babi dalam keadaan digoreng atau dipanggang, menunjukkan arti kalau orang yang bermimpi akan mendapatkan uang dari dagangannya, tapi dengan cara haram. Jika orang bermimpi membunuh babi, maka berarti ia akan menang melawan musuh yang jahat. Jika ia bermimpi melihat babi masuk rumahnya, maka menunjukkan arti kalau ia akan mendapatkan fasilitas atau harta dari kekuasaan yang lalim. Jika ia bermimpi membuang babi yang ada di rumahnya, maka menunjukkan arti ia akan menolak, membuang fasilitas, atau uang dari kekuasaan yang lalim. Wallâhu a’lam. (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anam fî Tafsîrl Ahlâm, [Al-Amiriyah], juz I, halaman 198-199).


Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.


Terkait

Tafsir Mimpi Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya