Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Tafsir Mimpi yang Berkaitan dengan Hari Jumat

Tafsir Mimpi yang Berkaitan dengan Hari Jumat
Jumat merupakan salah satu hari mulia dalam Islam
Jumat merupakan salah satu hari mulia dalam Islam

Hari Jum'at adalah hari agung yang disebut sebagai sayyidul ayyam atau penghulunya semuanya hari, hal ini merujuk pada sejumlah dalil yang menunjukkan keagungan hari Jum'at.  Lalu, apa artinya jika saat tidur kemudian bermimpi pada sesuatu yang berkaitan dengan hari Jum'at? Mimpi melaksanakan shalat Jum`at misalnya.


Mengenai hal tersebut, Syaikh Ibnu Sirrin dalam kitabnya yang berjudul Mu'jam Tafsirul Ahlam (Abu Dhabi: Maktabah As-Shafa, 2008, h. 252) menjelaskan sejumlah tafsir mimpi yang berkaitan dengan hari Jum`at.


Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa orang yang bermimpi dan merasa dirinya sedang berada di hari Jum`at, itu artinya Allah akan mengumpulkan kembali perkara atau sesuatu yang tercerai berai, memudahkan urusan yang sebelumnya dianggap sulit, dan akan mendapatkan keberkahan.


Selanjutnya, dalam kitab itu juga dijelaskan bahwa jika seseorang bermimpi melihat orang-orang sedang melaksanakan shalat jum`at di masjid jami`, sementara ia sendiri berada di rumah, kantor atau tokonya serta mendengar suara takbir, ruku, sujud, tasyahud, salam, hingga orang-orang kembali ke rumahnya masing-masing. Artinya adalah jika seseorang tersebut mempunyai jabatan, maka ia akan lengser dari jabatannya.


Jika seseorang bermimpi menjaga atau melaksanakan shalat di hari Jum`at, artinya ia akan mendapatkan kehormatan, kemuliaan, atau kedudukan yang tinggi.


Sebagian ahli tafsir mimpi lain menjelaskan bahwa bermimpi merasa sedang berada di hari Jum`at menunjukkan pada sebuah perkara yang dianggap baik padahal sebenarnya tidak.


Keterangan berikutnya menyebutkan, barang siapa yang bermimpi melaksanakan shalat Jum`at sampai dengan selesai, hal itu menjadi pertanda seseorang akan menjalani perjalanan yang menyenangkan serta memperoleh kebaikan, harta, dan rezeki. Jika orang yang bermimpi tersebut punya hubungan dengan sultan atau penguasa, ia akan mendapatkan perintah untuk mencari sesuatu dan berhasil mendapatkannya.


Selain itu, mimpi shalat Jum`at menjadi pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan memperoleh apa yang dicita-citakan. Mimpi melaksanakan shalat Jum`at juga menjadi pertanda sebuah kebahagiaan, kesenangan, perayaan, dan juga haji karena shalat Jum`at adalah hajinya orang miskin dan ringkasan sebagian ajaran agama Islam.


Bermimpi seolah berada di hari Jum`at serta melaksanakan shalat Jum`at menjadi pertanda akan meraih kebahagaiaan dalam waktu dekat, bertemu dengan orang yang dicintai, dan mendapatkan sesuatu yang selama ini dicari. 


Itulah sejumlah arti mimpi yang berkaitan dengan hari Jum`at. Arti mimpi tersebut bisa terjadi di alam nyata atau tidak, karena pada hakikatnya Allah punya sifat jaiz yang berhak mengubah skenario dan nasib seseorang kapan pun sesuai dengan kehendak-Nya. Wallahu a`lam.


Ustadz Muhammad Aiz Luthfi, Redaktur NU Online.



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Tafsir Mimpi Lainnya

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×