Home Bahtsul Masail Shalawat/Wirid Ramadhan Jenazah Ubudiyah Ilmu Hadits Tasawuf/Akhlak Khutbah Sirah Nabawiyah Doa Tafsir Haji, Umrah & Qurban Hikmah Tafsir Mimpi Zakat Nikah/Keluarga Ilmu Tauhid Ekonomi Syariah Doa Lainnya

Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah menurut Syekh Ibnu Sirrin

Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah menurut Syekh Ibnu Sirrin
Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah menurut Syekh Ibnu Sirrin
Arti Mimpi Ibadah Haji dan Umrah menurut Syekh Ibnu Sirrin

Haji merupakan rukun Islam yang istimewa dan hanya bisa dilakukan oleh umat Islam yang mampu, termasuk secara finansial. Mayoritas umat Islam memiliki impian untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini. Tidak jarang, impian berangkat haji tersebut merasuk ke alam mimpi saat tidur.

 

Lalu apa yang akan terjadi ketika seseorang tidur lalu bermimpi melaksanakan ibadah haji? Syekh Muhammad Ibnu Sirrin dalam kitab Mu'jam Tafsirul Ahlam (Beirut: Maktabah As-Shafa, 2008, h. 283-284) menjelaskan sejumlah makna yang terkandung dalam mimpi ibadah haji dan umrah.

 

Mimpi Berhaji saat Musim Haji

Jika pada musim haji seseorang bermimpi melaksanakan ibadah haji, ia akan diberikan anugerah untuk bisa melaksanakan ibadah haji walaupun secara perhitungan logika tidak memungkinkan. Maka tidak sedikit dari kalangan menengah ke bawah bisa menunaikan ibadah haji.

 

Selanjutnya, jika orang yang bermimpi naik haji itu kondisinya sedang sakit maka ia akan segera sembuh. Jika sedang terlilit utang akan segera terlunasi. Jika hati dan pikirannya dalam keadaan cemas maka ia akan selamat dari mara bahaya.

 

Selain itu, jika di kehidupan nyata orang yang bermimpi haji itu ada dalam kesulitan, ia akan segera mendapat kemudahan. Jika sedang bepergian, ia akan selamat di perjalanan. Jika merupakan seorang pedagang, ia akan mendapat keuntungan. Jika dimakzulkan, ia akan mendapatkan kembali kedudukannya, dan jika orang yang bermimpi itu sedang tersesat maka ia akan segera mendapatkan petunjuk.

 

Mimpi Batal Berangkat Haji

Syekh Ibnu Sirrin melanjutkan keterangannya dengan menjelaskan makna mimpi batal berangkat haji. Menurutnya, ada beberapa makna jika seseorang mimpi batal berangkat haji.

 

Jika orang yang bermimpi batal berangkat haji adalah seorang wali, ia akan dicabut kewaliannya. Jika dia seorang pedagang, ia akan mendapat kerugian. Jika ia seorang musafir, ia akan ada musibah di perjalanannya, dan jika dia dalam keadaan sehat, ia akan mendapatkan penyakit atau sakit.

 

Mimpi Melaksanakan Bagian Ritual Haji

Syekh Ibnu Sirrin menjelaskan bahwa jika seseorang bermimpi melaksanakan haji atau umrah maka dia akan panjang umur dan istiqamah dalam urusan yang sedang digeluti.

 

Selain itu, jika seseorang bermimpi sedang melaksanakan tawaf mengelilingi Ka'bah artinya ia akan mendapatkan sebuah tugas mulia dari atasan atau tokoh masyarakat. Jika seseorang bermimpi tawaf mengelilingi Makkah, ia akan mendapatkan sebuah kehormatan. Jika bermimpi tawaf dengan menunggang kuda maka ia akan bertemu dengan mahramnya.

 

Jika seseorang bermimpi sedang membacakan kalimat talbiyah di Tanah Haram, ia akan unggul atau menang dari ancaman musuhnya serta akan aman dari ketakutan. Jika seseorang bermimpi membaca kalimat talbiyah di luar Tanah Haram, ia akan mendapatkan ketakutan, ancaman, atau bahkan kekalahan.

 

Selanjutnya, jika seseorang bermimpi seakan telah mampu melaksanakan ibadah haji tapi malah mengabaikannya, hal itu menunjukkan ada pengkhianatan amanah dan tidak bersyukur atas karunia serta nikmat dari Allah.

 

Jika bermimpi seolah-olah berada di hari Arafah, dia akan bersilaturahim dengan kerabatnya dan berdamai dengan musuh. Jika orang yang bermimpi tersebut memiliki kerabat yang jauh dan lama pergi, dia akan segera kembali sebab Allah mempersatukan Nabi Adam dan Siti Hawa di Arafah.

 

Itulah sejumlah arti mimpi seputar ibadah haji dan umrah menurut Syekh Ibnu Sirrin. Arti mimpi tersebut bisa benar terjadi di alam nyata atau justru malah sebaliknya, karena pada hakikatnya Allah punya sifat Jaiz, yaitu Allah berhak mengubah skenario dan nasib seseorang kapan pun sesuai dengan kehendak-Nya. Wallahu a'lam.

 

Muhammad Aiz Luthfi, Redaktur NU Online




Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Tafsir Mimpi Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×