IMG-LOGO
Trending Now:
Ilmu Hadits

Tentang Hadits Imam Mahdi Membawa Panji Hitam

Rabu 13 Maret 2019 20:45 WIB
Tentang Hadits Imam Mahdi Membawa Panji Hitam
Munculnya Imam Mahdi menjadi salah satu tanda akan datangnya kiamat. Rasulullah SAW bahkan pernah menyebutkan dalam sabdanya bahwa keluarnya al-Mahdi adalah tanda kiamat besar disertai dengan tanda-tanda yang lain.

Namun pada kenyataannya hadits-hadits tentang Imam Mahdi ini tidak kita temukan dalam kitab Sahih, baik Shahih Bukhari maupun Shahih Muslim. Malahan hadits tentang Imam Mahdi ini lebih banyak diriwayatkan dalam kitab sunan dan di luar kitab hadits enam yang diakui (Kutub as-Sittah).

Salah satu hadits yang sering bertebaran di pesan siaran aplikasi berbagi pesan ataupun media sosial adalah hadits tentang ciri-ciri Imam Mahdi yang datang dengan membawa bendera hitam. Hadits ini sering dijadikan legitimasi keabsahan bendera hitam milik HTI, yang sering disebut sebagai bendera tauhid.

إذا رأيتم الراياتِ السودَ قد جاءتْ من قِبَلِ خُرَاسان فأتوها فإنَّ فيها خليفةَ اللهِ المهدىَّ

Artinya, “Jika kalian semua melihat bendera hitam datang dari arah Khurasan, maka datangilah bendera itu. Karena sesunggunya di sana ada Khalifatullah al-Mahdi.” (Imam Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad, [Beirut: Muassasah al-Risalah, 2001]. J. 37, h. 70)

Dengan dalih hadits ini, mereka meyakini bahwa kelompok yang kini telah dilarang oleh pemerintah itu adalah al-Mahdi yang akan membawa kemajuan bagi umat Islam. 

Lantas, bagaimanakah kualitas hadits tersebut?
Setelah dilakukan takhrij, hadits ini hanya terdapat dalam kitab Musnad Ahmad bin Hanbal, dan juga disebutkan dalam kitab Kanzul Ummal. Namun dalam ilmu takhrij, kitab Kanzul Ummal ini tidak dapat dijadikan pegangan dalam melakukan takhrij hadits, karena kitab ini bukan bagian atau termasuk dari al-Maṣhādir al-Muʽtabarah (rujukan otoritatif) untuk takhrij, sebagaimana disebutkan Mahmud at-Thahhan.

Selain hadits ini, masih ada lagi hadits lain yang agak mirip, yaitu sama-sama membahas tentang kedatangan al-Mahdi membawa bendera hitam. Berbeda dengan hadits sebelumnya, hadits ini diriwayatkan oleh Ibn Majjah. Imam al-Tirmidzi juga meriwayatkan hadits yang agak mirip.

Walaupun diriwayatkan oleh tiga dari kutub at-Tis’ah, hadits ini belum tentu bisa dipastikan kesahihannya. Imam at-Tirmidzi sendiri ketika meriwayatkan hadits ini mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits gharib.

Istilah hadits gharib yang digunakan oleh Imam at-Tirmidzi biasanya bukan hanya berkaitan dengan jumlah perawinya, atau biasanya disebut dalam musthalah hadits sebagai bagian dari hadits ahad, melainkan juga karena perawinya bermasalah.

Pada kenyataannya, dalam hadits ini ada seorang perawi yang bernama Risydin bin Sa’ad yang divonis dhaif oleh ulama hadits. Sedangkan dalam sanad Tsauban bin al-Madzkur (Riwayat hadits dalam Musnad Imam Ahmad), terdapat seorang perawi yang bernama Syarik bin Abdillah al-Qadhi, yang hafalannya berubah semenjak ia menjabat sebagai qadhi di Kuffah. 

Ali bin Zaid yang juga merupakan salah satu perawi dalam hadits tersebut. Ia divonis sebagai orang yang dhaif, dan juga terlalu tasayyu’ (condong ke golongan Syiah) dengan terlalu berlebihan.

Abu Qilabah, yang merupakan perawi setelah Tsauban, ternyata tidak pernah bertemu dengan Tsauban. Ini membuktikan bahwa selain hadits ini diriwayatkan oleh para perawi yang dhaif, sanad dari hadits ini juga munqathi’ (terputus).

Hadits ini bahkan divonis oleh salah satu Muhaqqiq yang tidak diragukan lagi kredibilitasnya, Syuaib al-Arnauth, sebagai hadits yang dhaif jiddan, yaitu hadits yang sangat lemah sekali.

Oleh karena itu, mengingat hadits ini adalah hadits dhaif, bahkan divonis sebagai hadits dhaif yang parah, juga tidak ada jalur lain selain riwayat di atas, maka hadits ini tetap tidak bisa diamalkan.

Imam Mahdi memang disebutkan Rasul akan muncul sebelum hari kiamat, namun kemunculannya dengan membawa bendera hitam dengan mengacu kepada hadits tersebut tidak bisa kita yakini kebenarannya.

Apalagi jika ada kelompok tertentu yang mengatasnamakan sebagai bagian dari tentara al-Mahdi karena merasa membawa panji hitam tersebut, maka kemungkinan besar, mereka adalah pembohong. Wallahu a’lam.


Ustadz Muhammad Alvin Nur Choironi, Pegiat Kajian Tafsir dan Hadits

Tags:
Share:
Selasa 12 Maret 2019 11:30 WIB
Kualitas Hadits-hadits tentang Imam Mahdi
Kualitas Hadits-hadits tentang Imam Mahdi
Banyak sekali hadits yang menjelaskan tentang Imam Mahdi dan ciri-cirinya, serta masa munculnya. Namun tidak semua hadits tersebut bisa kita jadikan sebagai landasan atau dalil. Terlebih sekarang banyak sekali kelompok atau individu yang mengatasnamakan diri mereka sebagai al-Mahdi atau Imam Mahdi.

Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi-nya menjelaskan bahwa kebanyakan hadits yang berkisah tentang Imam Mahdi tidak bisa dipertanggungjawabkan kesahihannya. Al-Mubarakfuri melanjutkan bahwa hadits-hadits tersebut diriwayatkan oleh beberapa orang yang cukup bermasalah dan tidak memenuhi kriteria-kriteria perawi yang dapat diterima periwayatan haditsnya.

الأحاديث الواردة في خروج الإمام المهدي كثيرة جداً، ولكن أكثرها ضعاف، ولا شك في أن حديث عبد الله بن مسعود الذي رواه الترمذي في هذا الباب لا ينحط عن درجة الحسن وله شواهد كثيرة من بين حسان وضعاف. فحديث عبد الله بن مسعود هذا مع شواهده وتوابعه صالح للاحتجاج بلا مرية، فالقول بخروج الإمام المهدي وظهوره هو القول الحق والصواب والله تعالى أعلم

Artinya, “Hadits-hadits yang berkaitan dengan kemunculan Imam al-Mahdi banyak sekali. Tetapi sebagian besarnya adalah hadits dhaif. Tidak diragukan lagi bahwa hadits Abdullah bin Mas’ud yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi pada bab ini tidak sampai pada derajat hasan. Namun hadits ini memiliki beberapa syahid, baik hasan maupun dhaif. Adapun hadits Abdullah bin Masud ini serta syawahid dan tawabi’nya cukup pantas untuk dalil (kemunculan Imam Mahdi) tanpa keraguan. Pendapat tentang kemunculan Imam Mahdi adalah pendapat yang benar dan hanya Allah yang Maha Mengetahui.” (al-Mubarakfuri, Tuḥfatul Aḥwadzi bi Syarḥi Jamiʽ al-Tirmidzi, [Madinah: Al-Maktabah al-Salafiyah, 1963], j. 6, h. 485)

Hadits Abdullah bin Masud yang dimaksud oleh al-Mubarakfuri adalah hadits yang menjelaskan bahwa akan muncul seorang yang namanya mirip dengan Nabi Muhammad  sebelum kiamat terjadi.

عن عَبْدِ الله قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: لاَ تَذْهَبُ الدّنْيَا حَتّى يَمْلِكَ العَرَبَ رَجُلٌ مَنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمَهُ اسْمِي 

Artinya, “Dari Abdullah (bin Masud) berkata, Rasulullah  bersabda, “Tidak hancur dunia (kiamat) sampai orang Arab memiliki seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku.” (HR. At-Tirmidzi)
Oleh al-Mubarakfuri, hadits yang oleh at-Tirmidzi disebut sebagai hadits hasan sahih ini cukup dijadikan landasan akan kemunculan Imam Mahdi sebelum datangnya kiamat, daripada hadits-hadits tentang al-Mahdi lain, yang kebanyakan dhaif.

Walaupun dalam hadits tersebut sama sekali tidak menyebutkan nama al-Mahdi, namun at-Tirmidzi sendiri memasukkan hadits tersebut dalam bab tentang kemunculan al-Mahdi (Bâb Mâ Jâ’a fi al-Mahdi). Imam at-Tirmidzi sendiri hanya meriwayatkan tiga hadits saja yang berkaitan dengan al-Mahdi.

Selain at-Tirmidzi, Abu Daud juga meriwayatkan hadits yang hampir sama, hanya berbeda pada akhir hadits saja.

يواطئ اسمه اسمي واسمأبيه اسم أبي

Artinya, “Namanya cocok dengan namaku sedangkan nama ayahnya adalah sama dengan nama ayahku.” (al-Mubarakfuri, Tuḥfatul Aḥwadzi bi Syarḥi Jamiʽ al-Tirmidzi, [Madinah: Al-Maktabah al-Salafiyah, 1963], j. 6, h. 485-486)

Ini menunjukkan bahwa nama asli dari al-Mahdi adalah Muhammad bin Abdullah, sebagaimana nama Rasul  dan nama ayahnya. Selain itu dalam hadits Abu Daud juga diriwayatkan bahwa ciri al-Mahdi adalah dahinya lebar dan hidungnya mancung. (Lihat: Abu Daud, Sunan Abu Daud, (Beirut: Dar Kutb, T.t), j. 4, h. 174)

Selain hadits riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud di atas, banyak juga ulama hadits yang meriwayatkan hadits-hadits tentang al-Mahdi, di antaranya Ibnu Majah, Al-Hakim, Al-Thabarani, dan Abu Ya’la. Sanad hadits mereka sampai pada sejumlah sahabat seperti Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Thalhah, Abdullah bin Mas’ud, Abu Hurairah, Abu Sa’id Al-Khudri, Ummu Habibah, Ummu Salamah, Tsauban, Qurrah bin Iyas, Ali Al-Hilali, Abdullah bin Haris bin Jaz’i. Sanad yang menghubungkan antara ahli hadits dengan para sahabat beraneka macam kualitasnya. Ada yang sahih, hasan, dan ada juga yang dhaif.

Kata al-Mahdi sendiri dalam hadits sering disebutkan sebagai laqab (julukan). Rasul  hanya menyebutkan nama al-Mahdi itu dengan ciri: mirip namanya dan nama ayahnya mirip nama ayah Rasul . Kata al-Mahdi berarti orang yang mendapatkan hidayah (alladzi qad hadâhullahu ilâ al-ḥaq). Hal ini nanti terkait tugas yang diemban oleh al-Mahdi, yaitu memberikan kemakmuran dan kejayaan bagi umat, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat al-Hakim dalam al-Mustadrak-nya.

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، قال : « يخرج في آخر أمتي المهدي يسقيه الله الغيث ، وتخرج الأرض نباتها ، ويعطي المال صحاحا ، وتكثر الماشية وتعظم الأمة ، يعيش سبعا أو ثمانيا » يعني حججا « هذا حديث صحيح الإسناد ، ولم يخرجاه »

Artinya, “Dari Abu Said al-Khudri RA, sesungguhnya Rasul  bersabda: “Akan muncul di masa akhir umatku seorang yang diberikan petunjuk (al-Mahdi), (yang pada masa itu) Allah SWT memberikan hujan kebaikan, bumi mengeluarkan tanaman-tanamannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan,” yaitu musim haji. (Hadits ini sahih sanadnya, namun tidak diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim). (HR. Al-Hakim)

Hadits-hadits di atas adalah hanya sebagian kecil tentang Imam Mahdi yang berstatus hasan dan sahih. Kebanyakan hadits tentang Imam Mahdi statusnya dhaif.

Oleh karena itu, sebenarnya ciri Imam Mahdi jika kita mengacu pada hadits hasan dan sahih di atas adalah hanya tiga: (1) keturunan Nabi Muhammad , (2) namanya mirip dengan Nabi Muhammad  dan nama ayahnya mirip dengan nama ayah Nabi Muhammad , (3) dan dahinya lebar serta hidungnya mancung.

Selain ciri-ciri di atas, apalagi jika mengatasnamakan hadits selain di atas, perlu dikaji ulang dan secara mendalam. Terlebih akhir-akhir ini banyak orang maupun kelompok yang mendaku sebagai al-Mahdi.

Imam as-Suyuthi pernah menyebutkan bahwa ciri-ciri al-Mahdi palsu adalah mereka membuat standar keimanan sendiri bahwa umat Islam yang mendukungnya sebagai mukmin dan yang menolak bergabung bersama mereka disebut kafir. Ciri lainnya, mereka berani membunuhi para ulama. (Lihat: Al-Suyuthi, Syarah Sunan Ibn Majah, [Karaci: Qadimi Kutb Khanah, t.t], j. 1, h. 300).

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa para ulama hadits memang sepakat bahwa kemunculan al-Mahdi telah disebutkan dalam hadits. Namun tidak semuanya sahih, bahkan ada yang hasan, dhaif maupun maudhu’ (palsu). Walaupun begitu kita tidak bisa memastikan tanda-tanda tersebut. 

Terkait hadits-hadits tentang al-Mahdi yang digunakan oleh pihak-pihak tertentu, kita perlu hati-hati untuk menyikapinya. Terlebih di zaman sekarang, zaman fitnah, jangan sampai kita terperdaya oleh kelompok-kelompok yang mengaku sebagai al-Mahdi, sebagaimana disebutkan al-Suyuthi. Wallahu A’lam.


(Ustadz Muhammad Alvin Nur Choironi)

Senin 11 Maret 2019 11:0 WIB
Ini Alasan Ulama Hadits Lakukan Rihlah
Ini Alasan Ulama Hadits Lakukan Rihlah
(Foto: @shutterstock)
Ajaran Nabi bisa sampai kepada kita melalui hadits yang diriwayatkan dan dicatat oleh ulama, baik dalam karya kitab mereka maupun dari majelis ke majelis. Hadits yang diriwayatkan lewat sanad itu, melalui proses verifikasi dan penelitian yang detail demi menguji kualitas hadits tersebut, sehingga dapat menjadi sumber hukum agama.

Sedemikian perhatiannya para ulama akan hadits, perjuangan mereka demi bidang ilmu ini tidak sekadar berguru dari ulama di daerah sekitar mereka saja. Kita kerap mendengar kisah ulama hadits rela berekspedisi menuju daerah yang jauh demi mempelajari dan meriwayatkan hadits.

Rihlah para ulama ini biasa diabadikan dalam kitab-kitab rijalul hadits atau biografi perawi hadits. Selain itu, salah satu karya yang secara khusus membahasa perjalanan para perawi hadits adalah Ar-Rihlah fi Thalabil Hadits karya Imam Al Khatib Abu Bakar Al-Baghdadi.

Salah satu orang yang meneliti kitab tersebut adalah Nuruddin ‘Itr, pakar hadits dari Universitas Damaskus. Nuruddin ‘Itr, dalam pengantarnya sebagai muhaqqiq di Kitab Ar-Rihlah fi Thalabil Hadits terbitan Darul Kutub Al-Ilmiyah, memberikan catatan perihal mengapa hadits di masa lampau dicari dan dipelajari sampai ke negeri-negeri yang jauh. Mulai dari kalangan sahabat, tabi’in, sampai generasi setelahnya rela bertandang ke suatu negeri, demi mendapatkan–atau sekadar memantapkan–sedikit riwayat hadits.

Semangat ini, rupanya tidak semata karena motif ideologis. Hadits memang sumber hukum Islam yang utama setelah Al-Quran, dan keutamaan orang yang mempelajarinya banyak disebutkan dalam hadits. Namun, rupanya di balik kunjungan-kunjungan yang jauh itu, ada tujuan-tujuan yang diungkap oleh Nuruddin ‘Itr. Berikut di antaranya:

1. Mendapatkan Hadits (tahshilul hadits). 
Tujuan ini biasa menjadi motif utama, karena tidak semua hadits bisa didapatkan di satu daerah saja. Kondisi ini terutama saat kitab-kitab hadits belum banyak disusun, sehingga untuk mendapatkan dan mengumpulkan hadits mesti menempuh perjalanan jauh antarnegeri.

Pasca-Nabi wafat, Islam menyebar melalui sahabat Nabi yang diutus menjadi pejabat atau gubernur di luar daerah Madinah. Persebaran ini, membuat hadits yang tidak semua sahabat mendengarkannya dari Nabi, mesti dipastikan ke mereka yang telah berdiaspora itu. Persebaran ini diketahui melalui adanya sahabat yang bermukim di Kufah, Basrah, Mesir, dan beragam tempat lainnya, diikuti dengan hadits-hadits yang banyak diriwayatkan dari sana.

2. Memantapkan Hadits yang Dimiliki (tatsabbut minal hadits). 
Sahabat Abu Ayyub Al-Anshari disebutkan rela jauh-jauh dari Madinah menuju Mesir, untuk memastikan hadits yang konon hanya diriwayatkan sahabat Uqbah bin Amir yang kala itu menjadi pejabat di Mesir.

Begitu pula dilakukan Syu’bah bin Al-Hajjaj, guna memastikan suatu hadits tentang keutamaan wudhu. Sebelumnya, ia mendengar dari Abu Ishaq As-Sabi’i tentang hadits itu, namun hemat Syu’bah, ia merasa ada tadlis atau perawi yang disembunyikan dalam sanad. Setelah berguru ke berbagai negeri, ia mendapat simpulan bahwa dalam sanad hadits tersebut ada perawi yang kurang baik kualitasnya, namun disembunyikan dalam periwayatan.

Pemantapan hadits ini menjadi sarana para pelajar maupun ulama hadits untuk membandingkan riwayat hadits dari guru mereka, baik sanad maupun matan. Ragam riwayat tersebut, membuat mereka bisa menelaah kualitas hadits yang ada sebagaimana kisah Syu’bah bin Al-Hajjaj.

3. Mencari Tingkatan Sanad yang Lebih Tinggi.
Dalam hadits dikenal istilah sanad yang ‘ali dan nazil. Sanad ‘ali adalah sanad yang jumlah perawinya lebih sedikit agar sampai kepada Nabi. Siapa yang tahu ternyata seorang guru di suatu negeri, sanadnya lebih dekat kepada Nabi dibanding perawi di daerah lain. Imam Ahmad bin Hanbal, menyebutkan bahwa mencari sanad yang lebih dekat pada Nabi adalah hal mulia yang dilakukan generasi ulama terdahulu.

Mengapa mesti perlu sanad ‘ali? Dengan sanad ‘ali yang lebih dekat dengan Nabi, setiap perawi lebih mudah dicek syarat keshahihannya, dan memudahkan telaah hadits. Dengan memiliki hadits dengan sanad yang ‘ali, seorang pelajar hadits bisa dengan baik memastikan kualitas hadits yang dimilikinya. Selain itu, sanad yang lebih dekat pada Nabi dipandang lebih “mulia dan berkah”.

4. Mendapat Informasi tentang Kepribadian Perawi. 
Berpergian ke berbagai negeri demi belajar hadits membuat para pelajar maupun ulama bisa mengecek langsung kepribadian guru mereka yang menyampaikan hadits. Bahkan, beberapa ulama yang sudah pakar melakukan rihlah untuk “menguji” kemampuan para perawi yang ada dalam hadits mereka.

Yahya bin Ma’in contohnya, mendatangi seorang ulama bernama Abu Nuaim Al-Fadhl bin Dakkin, untuk menguji keilmuannya. Setelah bersua dengan Syekh Abu Nu’aim, Yahya bin Ma’in bersimpulan bahwa sosok yang ia hadapi itu memang mumpuni ilmunya.

5. Menjadi Sarana Ulama untuk Diskusi dan Menelaah Hadits-Hadits yang Sudah Dimiliki. 
Meskipun telah menjadi sosok yang mumpuni, tetap saja dalam persoalan hadits para ulama kerap memerlukan telaah lebih lanjut dan update seputar hadits, termasuk tentang ilmu ‘illat hadits. Konon ilmu ‘illat hadits ini, sebagaimana dijelaskan para ulama, adalah ilmu yang mensyaratkan penguasaan hadits dan ilmunya pada level tinggi.

Persoalan ‘illat menjadi wilayah diskusi para pakar hadits, yang sangat mungkin berjumpa dalam ekspedisi mereka mencari ilmu. Dikisahkan Sufyan bin Uyaynah yang sudah top sebagai ulama hadits di Makkah, bertandang ke Iraq untuk menjumpai pakar hadits Ali bin Al-Madini.

Begitu pula Imam At Tirmidzi, guna menelaah dan mendiskusikan hadits-hadits yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari, perjalanan jauh ke Bukhara ditempuh dan menghasilkan Kitab Al-‘Ilalul Kabir, yang merupakan kritik hadits dalam sekian kitab yang disusun Imam Al-Bukhari. Bahkan, Imam At-Tirmidzi menyatakan bahwa Kitab Sunan At-Tirmidzi yang kita kenal sekarang ini, tidak lepas dari diskusinya dengan Imam Al-Bukhari.

Sekian tujuan di atas adalah motif keilmuan para pelajar ulama hadits terkait dengan keilmuan mereka. Tentu tidak terbatas itu saja. Beberapa tujuan di atas menegaskan bahwa mempelajari hadits memerlukan ketelitian dan semangat tersendiri khususnya pada masa itu. Jika mencari dan mencek hadits saja dibelani mengarungi negeri dan lautan, bagaimana semangat dan tujuan yang saat ini perlu kita miliki dalam belajar? Wallahu a’lam.


Ustadz Muhammad Iqbal Syauqi
Selasa 5 Maret 2019 21:30 WIB
Tinjauan atas Kualitas Keshahihan Hadits Adzan untuk Bayi
Tinjauan atas Kualitas Keshahihan Hadits Adzan untuk Bayi
(Foto: @pinterest)
Tinjauan atas Kualitas Keshahihan Hadits Adzan untuk Bayi
Seorang artis yang baru hijrah enggan mengadzani anaknya yang baru lahir karena mengira bahwa tidak ada anjuran Rasul terkait hal tersebut. Bahkan ia berpendapat bahwa hadits yang menganjurkan untuk mengadzani bayi yang baru lahir adalah daif. Oleh karena itu, menurutnya, itu bagian dari bidah, dan tidak perlu diamalkan.

Benarkah demikian?

Sebenarnya pada prinsipnya, hadits daif yang tidak boleh diamalkan adalah pertama, hadits daif yang parah, yakni salah satu perawinya ada yang muttaham bil kadzzab, yakni rawi tersebut sering berbohong sehingga tidak bisa dipastikan apakah ia berbohong atau tidak ketika meriwayatkan hadits.

Kedua, hadits tersebut tidak berkaitan dengan tema aqidah, halal dan haram. Oleh karena itu, hadits berkaitan dengan keutamaan mengerjakan sesuatu (fadhailul amal) masih bisa diamalkan, karena tidak berkaitan dengan aqidah, halal dan haram.

Yang paling penting adalah hadits tersebut bisa diamalkan oleh semua orang. (Lihat Maḥmūd At-Ṭaḥḥān, Taysīrul Musṭalāhil Hadīts, (Riyadh: Maktabah Maʽarif, 2004), halaman 80-81).

Dalam kasus hadits adzan yang divonis daif tersebut, memang ada sebuah hadits yang salah satu perawinya tergolong dhaif.

رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ (صلى الله عليه وسلم) أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ حِيْنَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلاَة ِرضي الله عنهم

Artinya, “Aku melihat Rasulullah SAW mengadzankan seperti adzan shalat pada telinga (cucunya) Husein bin Ali ketika Fatimah Ra. melahirkan.”

Salah satu perawi hadits di atas, ada yang bernama ʽAshim bin Ubaidillah, yang divonis oleh beberapa ulama hadits sebagai orang yang dhaif, seperti Imam Malik, Ibn Maʽīn dan beberapa ulama hadits lain.

Namun, Imam At-Tirmidzi menilai bahwa hadits ini adalah hadits yang hasan sahih. Menurut At-Ṭaḥḥān, ketika Imam At-Tirmidzi menyebutkan “hasan sahih” maka kemungkinannya ada dua.

Pertama, jika hadits tersebut memiliki satu sanad, maka hadits tersebut hasan menurut ulama tertentu, dan sahih menurut ulama lain. Kedua, jika hadits tersebut memiliki sanad yang lebih satu, maka sanad pertama hasan, sedangkan sanad lain sahih.

Walaupun hadits tersebut masih tetap dihukumi daif (tidak mengikuti pendapat Imam At-Tirmidzi) maka tetap masih bisa diamalkan, karena tingkat kedhaifannya tidak sampai parah dan tidak berkaitan dengan aqidah serta halal haram. Hadits tersebut lebih pantas jika kita golongkan sebagai hadits yang berkaitan dengan keutamaan beramal (fadhailul amal).

Selain itu, ada hadits lain yang menguatkan hadits di atas, yakni hadits yang diriwayatkan oleh Husain bin Ali berikut:

مَنْ وُلِدَ لَهُ مَوْلُودٌ فأذَّنَ في أُذُنِهِ اليُمْنَى، وأقامَ في أُذُنِهِ اليُسْرَى لَمْ تَضُرّهُ أُمُّ الصبيان

Artinya, “Orang yang anaknya baru lahir, maka adzankanlah pada telinga kanannya, dan bacakanlah iqamat pada telinga kirinya. Dijamin anak itu tidak akan diganggu kuntilanak.”

Imam Al-Mubarakfuri ketika ditanya terkait kebolehan mengamalkan hadits dhaif tentang adzan pada telinga bayi di atas, menjawab bahwa bisa diamalkan karena ada hadits lain yang menguatkan hadits dhaif di atas, yaitu hadits marfu dari Husain bin Ali yang diriwayatkan oleh Abu Yaʽlā al-Mūṣilī dan Ibn Sunnī.

فَإِنْ قُلْتُ كَيْفَ الْعَمَلُ عَلَيْهِ وَهُوَ ضَعِيفٌ لِأَنَّ فِي سَنَدِهِ عَاصِمَ بْنَ عُبَيْدِ اللَّهِ كَمَا عَرَفْتَ قُلْتُ نَعَمْ هُوَ ضَعِيفٌ لَكِنَّهُ يُعْتَضَدُ بِحَدِيثِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا الَّذِي رَوَاهُ أبو يعلي الموصلي وبن السُّنِّيِّ

Artinya, “Jika aku bertanya, bagaimana mengamalkan hadits dhaif tersebut karena di sanadnya terdapat Āṣim bin Ubaidillah sebagaimana yang kamu ketahui. Maka aku menjawab, iya, walaupun hadits itu dhaif, tetapi hadits itu dikuatkan dengan hadits Husain bin Ali RA. yang diriwayatkan oleh Abu Yaʽlā al-Mūṣilī dan Ibn Sunnī,” (Lihat Aburrahman bin Abdurrahim Al-Mubarakfurī, Tuḥfatul Aḥwadzi bi Syarḥ Jāmiʽ al-Tirmidzī, [Beirut, Dār Kutub: tanpa catatan tahun], juz V, halaman 90).

Bisa disimpulkan walaupun hadits tentang mengadzani bayi yang baru lahir adalah dhaif, akan tetapi masih bisa diamalkan karena ada hadits lain yang menguatkan. Selain itu, hadits tersebut juga masih memenuhi syarat untuk diamalkan karena tidak daif parah, dan berkaitan dengan fadhail amal.

Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar An-Nawawi menjadikan kedua hadits di atas sebagai landasan hukum kesunahan mengadzani bayi yang baru lahir di telinga kanannya dan men-qamati di telinga kirinya. (Lihat Muhyiddin An-Nawawi, Al-Adzkar An-Nawawi, [Beirut, Dār Fikr: 1994], juz II, halaman 106).

Oleh karena itu, dalam memutuskan sebuah hukum tidak serta merta hanya dengan menggunakan satu hadits saja. Dibutuhkan beberapa bidang keilmuan, seperti Ilmu Takhrij dan ilmu-ilmu lain untuk mengkaji sebuah hadits agar lebih komprehensif dan tidak setengah-setengah. Wallahu a’lam.


Ustadz Muhammad Alvin Nur Choironi