Syariah

Shalat Jenazah di Kuburan

NU Online  ยท  Ahad, 6 Januari 2019 | 22:30 WIB

Tidak semua orang dapat menshalati mayat sebelum dimakamkan. Karena kendala tertentu, seperti jarak yang terlampau jauh, mengakibatkan sebagian orang tidak menjumpai jenazah sebelum dikebumikan.

Karena kedekatan dengan sang mayat, sebagian orang menyempatkan diri melaksanakan shalat jenazah di kuburan sang mayat. Pertanyaannya adalah, bagaimana hukum shalat jenazah di kuburan dan bagaimana ketentuannya?

Shalat jenazah di kuburan hukumnya diperbolehkan, baik mayat dimakamkan sebelum dishalati atau sesudahnya. Kebolehan ini berlandaskan kepada hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW menshalati jenazah di atas kubur perempuan atau laki-laki yang rajin membersihkan masjid. Demikian pula hadits riwayat An-Nasaโ€™i dengan sanad yang shahih, bahwa Nabi Muhammad SAW menshalati jenazah Ummu Mahjan di kuburannya, yang telah dikebumikan di malam hari.

Namun kebolehan menshalati jenazah di kuburan disyaratkan bukan jenazahnya para nabi. Maka menjadi tidak sah menshalati jenazah para nabi setelah kewafatan mereka. Ada dua alasan mengapa tidak sah. Pertama, berdasarkan hadits nabi yang melarang menjadikan kuburan para nabi sebagai masjid (tempat shalat). Kedua, karena saat kewafatan para nabi, kita bukan tergolong orang yang diwajibkan untuk menshalati.

Keterangan di atas sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Zakariyya Al-Anshari berikut ini:

ูˆย  ุชุฌูˆุฒย  ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุบูŠุฑ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจุนุฏ ุงู„ุฏูู† ุณูˆุงุก ุฃุฏูู† ู‚ุจู„ู‡ุง ุฃู… ุจุนุฏู‡ุง

Artinya, โ€œBoleh menshalati kuburnya selain nabi setelah dikebumikan baik mayat dimakamkan sebelum dishalati maupun sesudahnya.โ€

ู„ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุตู„ู‰ ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ุงู…ุฑุฃุฉ ุฃูˆ ุฑุฌู„ ูƒุงู† ูŠู‚ู… ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูˆุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ู…ุณูƒูŠู†ุฉ ูŠู‚ุงู„ ู„ู‡ุง ุฃู… ู…ุญุฌู† ุฏูู†ุช ู„ูŠู„ุง ุฑูˆู‰ ุงู„ุฃูˆู„ ุงู„ุดูŠุฎุงู† ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ ุงู„ู†ุณุงุฆูŠ ุจุฅุณู†ุงุฏ ุตุญูŠุญ

Artinya, โ€œKarena Nabi Muhammad Saw menshalati kuburnya perempuan atau laki-laki yang rajin menyapu masjid. Dan Nabi menshalati kuburnya perempuan miskin yang disebut-sebut bernama Ummu Mahjan, ia sudah dimakamkan di malam hari. Hadits pertama diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim. Hadits kedua diriwayatkan An-Nasaโ€™i dengan sanad yang shahih.โ€

ุฃู…ุง ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ู‚ุจูˆุฑ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ู… ูˆุณู„ู… ูู„ุง ุชุฌูˆุฒ ูˆุงุญุชุฌ ู„ู‡ ุจุฎุจุฑ ุงู„ุตุญูŠุญูŠู† ู„ุนู† ุงู„ู„ู‡ ุงู„ูŠู‡ูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุตุงุฑู‰ ุงุชุฎุฐูˆุง ู‚ุจูˆุฑ ุฃู†ุจูŠุงุฆู‡ู… ู…ุณุงุฌุฏย  ูˆุจุฃู†ุง ู„ู… ู†ูƒู† ุฃู‡ู„ุง ู„ู„ูุฑุถ ูˆู‚ุช ู…ูˆุชู‡ู…

Artinya, โ€œAdapun menshalati kubur para nabi, maka tidak boleh. Argumennya adalah haditsnya Al-Bukhari dan Muslim bahwa Allah melaknat Kaum Yahudi dan Nasrani yang menjadikan kuburan para nabi mereka sebagai masjid. Argumen lain, kita bukan termasuk orang yang diwajibkan menshalati saat kewafatan mereka,โ€ (Lihat Syekh Zakariyya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz I, halaman 322).

Dalam pelaksanaan shalat jenazah di kuburan, disyaratkan posisi orang yang menshalati tidak berada di depan kubur. Syarat ini juga berlaku dalam persoalan menshalati jenazah yang hadir. Pensyaratan ini berdasarkan sebuah prinsip bahwa mayat dianggap seperti imam, orang yang menshalati sebagai makmum. Sehingga posisi orang yang shalat tidak boleh berada di depan mayat.

Syarat ini tidak berlaku untuk shalat ghaib sehingga hukumnya sah menshalati ghaib meski posisi orang yang shalat berada di depan mayat, sebab ada hajat (kebutuhan).

Syekh Zakariyya Al-Anshari menjelaskan:

ูุฅู† ุชู‚ุฏู… ุงู„ู…ุตู„ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ ุงู„ุญุงุถุฑุฉ ุฃูˆ ุงู„ู‚ุจุฑ ู„ู… ุชุตุญ ุตู„ุงุชู‡ ูƒู…ุง ููŠ ุชู‚ุฏู… ุงู„ู…ุฃู…ูˆู… ุนู„ู‰ ุฅู…ุงู…ู‡ ุฃู…ุง ุงู„ู…ุชู‚ุฏู… ุนู„ู‰ ุงู„ุบุงุฆุจุฉ ูุตู„ุงุชู‡ ุตุญูŠุญุฉ ู„ู„ุญุงุฌุฉ

Artinya, โ€œBila mushalli maju melampaui posisi jenazah yang hadir atau mayat yang di kubur, maka tidak sah shalatnya sebagaimana dalam persoalan majunya posisi makmum melampaui imamnya. Sedangkan mushalli yang posisinya lebih maju dalam shalat ghaib, maka shalatnya sah karena kebutuhan,โ€ (Lihat Syekh Zakariyya Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz I, halaman 317).

Keabsahan shalat jenazah di kuburan juga disyaratkan harus dilakukan oleh orang yang terkena tuntutan kewajiban menshalati jenazah saat kematian mayat, dengan sekira saat kematian mayat, seseorang dalam keadaan Muslim, mukallaf, dan suci dari haidh dan nifas. Maka mengecualikan non-Muslim, anak kecil, orang gila dan perempuan haidh. Orang-orang yang saat kewafatan mayat dalam kondisi tersebut, tidak sah melaksanakan shalat jenazah di kuburan.

Syekh Zainuddin Al-Malibari menegaskan:

ู€ (ูˆ) ุชุตุญ ุนู„ู‰ ุญุงุถุฑ ( ู…ุฏููˆู† ) ูˆู„ูˆ ุจุนุฏ ุจู„ุงุฆู‡ (ุบูŠุฑ ู†ุจูŠ) ูู„ุง ุชุตุญ ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑ ู†ุจูŠ ู„ุฎุจุฑ ุงู„ุดูŠุฎูŠู†) ู…ู† ุฃู‡ู„ ูุฑุถู‡ุง ูˆู‚ุช ู…ูˆุชู‡) ูู„ุง ุชุตุญ ู…ู† ูƒุงูุฑ ูˆุญุงุฆุถ ูŠูˆู…ุฆุฐ ูƒู…ู† ุจู„ุบ ุฃูˆ ุฃูุงู‚ ุจุนุฏ ุงู„ู…ูˆุช ูˆู„ูˆ ู‚ุจู„ ุงู„ุบุณู„ ูƒู…ุง ุงู‚ุชุถุงู‡ ูƒู„ุงู… ุงู„ุดูŠุฎูŠู†

Artinya, โ€œSah menshalati mayat hadir yang dimakamkan, meski setelah hancur. Selain mayat nabi, maka tidak menshalati kubur nabi karena hadits Al-Bukhari dan Muslim. Dari orang yang diwajibkan menshalati saat kematian mayat. Maka tidak sah dari non-Muslim dan perempuan haidh saat kematian mayat, sebagaimana tidak sah dilakukan orang yang baligh atau sembuh dari gila setelah kematian mayat, meski balighnya atau sembuhnya sebelum mayat dimandikan sebagaimana yang ditunjukkan oleh statemen Al-Imam An-Nawawi dan Ar-Rafiโ€™i,โ€ (Lihat Syekh Zainuddin Al-Malibari, Fathul Muโ€™in, juz II, halaman 133).

Mengomentari referensi di atas, Syekh Abu Bakr bin Syatha mengatakan:

ู‚ูˆู„ู‡ (ู…ู† ุฃู‡ู„ ูุฑุถู‡ุง ูˆู‚ุช ู…ูˆุชู‡) ุฃูŠ ุชุตุญ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช ุงู„ุบุงุฆุจ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ุญุงุถุฑ ุงู„ู…ุฏููˆู† ุฅู† ูƒุงู† ู…ู† ูŠุฑูŠุฏ ุงู„ุตู„ุงุฉ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุฃุฏุงุก ูุฑุถู‡ุง ูˆู‚ุช ุงู„ู…ูˆุช ุจุฃู† ูŠูƒูˆู† ุญูŠู†ุฆุฐ ู…ุณู„ู…ุง ู…ูƒู„ูุง ุทุงู‡ุฑุง ู„ุฃู†ู‡ ูŠุคุฏูŠ ูุฑุถุง ุฎูˆุทุจ ุจู‡ย  ุงู‡ย  ุชุญูุฉ

Artinya, โ€œUcapan Syekh Zainuddin, "Dari orang yang diwajibkan menshalati saat kematian mayat", maksudnya adalah sah menshalati mayat ghaib dan mayat hadir yang telah dimakamkan, bila orang yang hendak menshalati adalah orang yang diwajibkan menshalati pada waktu kematian mayat. Dengan sekira saat kematian mayat, ia dalam keadaan Muslim, mukallaf dan suci (dari haidh dan nifas), karena ia telah menjalankan kewajiban yang dituntut kepadanya,โ€ (Lihat Syekh Abu Bakr bin Syatha, Iโ€™anatut Thalibin, juz II, halaman 133).

Demikian mengenai hukum dan ketentuan menshalati mayat di kuburan. Semoga bermanfaat. Wallahu aโ€˜lam.


(Ustadz M Mubasysyarum Bih)