
Sedikit dan banyaknya juga menunjukkan redup dan terangnya daya makrifat yang menyala pada diri seseorang.
Alhafiz Kurniawan
Penulis
Makrifatullah pada diri seseorang merupakan pengalaman batin seseorang yang tidak tampak atau tidak terlihat. Makrifat merupakan barang ghaib sebagaimana keimanan. Tetapi ciri makrifat pada diri seseorang dapat terlihat dari sejauh mana intensitas orang tersebut dalam beribadah.
Syekh M Nawawi Banten mengutip pandangan ulama yang mengatakan bahwa tanda makrifat seseorang dapat terlihat dari ketaatan seseorang dalam menjalankan kewajiban agamanya. Ulama tersebut menyerupakan ibadah dengan gerakan fisik sebagai tanda kehidupan makhluk hidup.
ููู ุญุฑูุฉ ุงูุทุงุนุฉ ุฏููู ุงูู
ุนุฑูุฉ ูู
ุง ุฃู ุญุฑูุฉ ุงูุฌุณู
ุฏููู ุงูุญูุงุฉ
Artinya, โDikatakan, gerakan ketaatan (ibadah kepada Allah) merupakan dalil makrifat seseorang sebagaimana gerakan fisik yang menandai kehidupan,โ (Syekh M Nawawi Banten, Nashaihul Ibad, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubi Arabiyyah: tanpa tahun], halaman 7).
Menurut Syekh Nawawi, ketaatan seseorang dalam menjalankan perintah Allah merupakan tanda makrifat pada diri yang bersangkutan. Sedikit dan banyaknya juga menunjukkan redup dan terangnya daya makrifat yang menyala pada diri seseorang.
ูุงูู
ุนูู ุฃู ุฅุชูุงู ุงูุนุจุฏ ุงูุทุงุนุฉ ููู ุชุนุงูู ุนูุงู
ุฉ ุนูู ู
ุนุฑูุชู ููู ุชุนุงูู ูุฅุฐุง ูุซุฑุช ุงูุทุงุนุฉ ูุซุฑุช ุงูู
ุนุฑูุฉ ุฅุฐุง ููุช ููุช ูุฃู ุงูุธุงูุฑ ู
ุฑุขุฉ ุงูุจุงุทู
Artinya, โMaknanya, pelaksanaan ibadah seorang hamba kepada Allah merupakan tanda makrifatnya kepada Allah. Jika ibadahnya banyak, maka kuantitas makrifatnya juga banyak. Tetapi jika ibadahnya sedikit, maka makrifatnya sedikit karena aktivitas lahiriah merupakan cermin batin seseorang,โ (Syekh M Nawawi Banten, Nashaihul Ibad: 7).
Namun demikian, ketaatan beribadah itu jangan diartikan secara tunggal dalam bentuk ibadah mahdhah, seperti shalat, zikir, puasa, haji, tadarus Al-Qurโan di atas sajadah sendiri, tetapi juga dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk ketaatan sesuai dengan profesi keseharian masing-masing orang.
Syekh M Nawawi Banten memberikan jalan taqarub kepada Allah bagi mereka yang ingin lebih baik secara spiritual tanpa harus meninggalkan profesi yang sedang digelutinya. Menurut Syekh M Nawawi, mereka dapat menuju kepada Allah tanpa harus menyita, mengurangi waktu, atau mengganggu profesinya selama ini.
ูุงุนูู
ุฃู ุงูู
ุฑูุฏ ูุญุฑุซ ุงูุขุฎุฑุฉ ุงูุณุงูู ูุทุฑูููุง ูุง ูุฎูู ุนู ุณุชุฉ ุฃุญูุงู ุฅู
ุง ุนุงุจุฏ ุฃู ุนุงูู
ุฃู ู
ุชุนูู
ุฃู ู
ุญุชุฑู ุฃู ูุงู ุฃู ู
ูุญุฏ ู
ุณุชุบุฑู ุจุงููุงุญุฏ ุงูุตู
ุฏ ุนู ุบูุฑู
Artinya, โKetahuilah, orang yang menginginkan dan menempuh jalan untuk bekal kehidupan akhiratnya kelak tidak lepas dari enam jalan, yaitu ahli ibadah, orang alim, santri/pelajar/mahasiswa, perajin, pemerintah, atau ahli tauhid yang menghabiskan waktunya dengan Allah semata.โ (Syekh M Nawawi, Tsimarul Yaniโah fir Riyadhil Badiโah, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa tahun], halaman 94).
Ahli ibadah mahdhah, orang alim, santri/pelajar/mahasiswa, perajin, pedagang, karyawan, pemerintah, pegawai, penyedia jasa, atau ahli tauhid yang menghabiskan waktunya dengan Allah semata akan tampak ciri makrifatullah pada dirinya pada sejauh mana mereka menjalankan kesehariannya secara bertanggung jawab, berintegritas, profesional, dan maksimal. Wallahu aโlam. (Alhafiz Kurniawan)
Terpopuler
1
Ketua PBNU Sebut Demo di Pati sebagai Pembangkangan Sipil, Rakyat Sudah Mengerti Politik
2
Khutbah Jumat: Refleksi Kemerdekaan, Perbaikan Spiritual dan Sosial Menuju Indonesia Emas 2045
3
Khutbah Jumat: Kemerdekaan Sejati Lahir dari Keadilan Para Pemimpin
4
Khutbah Jumat Bahasa Jawa: Wujud Syukur atas Kemerdekaan Indonesia ke-80, Meneladani Perjuangan Para Pahlawan
5
Prabowo Klaim Selamatkan Rp300 Triliun APBN, Peringatkan Risiko Indonesia Jadi Negara Gagal
6
Khutbah Jumat Bahasa Sunda: Ngeusian Kamerdekaan ku Syukur jeung Nulad Sumanget Pahlawan
Terkini
Lihat Semua