Hikmah

Ketika Imam Sufyan ats-Tsauri Ditampar Penuntun Unta

NU Online  ยท  Ahad, 12 Mei 2019 | 08:00 WIB

Ketika Imam Sufyan ats-Tsauri Ditampar Penuntun Unta

Ilustrasi (via vipis.org)

Dalam kitab Tarรฎkh al-Islรขm wa Wafayรขt al-Masyรขhรฎr wa al-Aโ€™lรขm, Imam Abu Abdullah al-Dzahabi memasukkan kisah Imam ats-Tsauri yang ditampar seseorang. Berikut kisahnya:

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูŽุงู„ูุญู ุจู’ู†ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ุนูุฌู’ู„ููŠู‘ูุŒ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุฌู‘ูŽุฑูŽ ุณููู’ูŠูŽุงู†ู ู†ูŽูู’ุณูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฌูŽู…ู‘ูŽุงู„ู ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽุŒ ููŽุฃูŽู…ูŽุฑููˆู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ูŽ ู„ู‡ู… ุฎุจุฒุฉ ูู„ู… ุชุฌูŠุก ุฌูŽูŠู‘ูุฏูŽุฉู‹ุŒ ููŽุถูŽุฑูŽุจูŽู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู…ู‘ูŽุงู„ูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู‚ูŽุฏูู…ููˆุง ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู‘ูŽุงู„ูุŒ ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽุŒ ููŽุณูŽุฃูŽู„ูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ููˆุง: ู‡ูŽุฐูŽุง ุณููู’ูŠูŽุงู†ู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุฑููŠู‘ูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุงู†ู’ููŽุถู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูุŒ ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู…ู‘ูŽุงู„ู ุฅูู„ูŽู‰ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงุนู’ุชูŽุฐูŽุฑูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽู†ู’ ูŠููู’ุณูุฏู ุทุนุงู… ุงู„ู†ู‘ุงุณ ูŠุตุจู‡ ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ุฐู„ูƒ.

Shalih bin Ahmad bin Abdillah al-โ€˜Ijliy berkata: โ€˜ayahku bercerita kepadaku, ia berkata: โ€œSufyan (ats-Tsauri) menyewa penuntun unta (ketika hendak pergi) ke Makkah. (Di perjalanan) penuntun unta tersebut menyuruhnya mencari roti (untuk dimakan), (setelah mencari-cari, Sufyan ats-Tsauri) tidak menemukan roti (makanan) yang baik, kemudian penuntun unta tersebut menamparnya.

Sesampainya di Makkah, si penuntun unta memasuki (masjid), ia melihat banyak orang mengelilingi Sufyan, kemudian ia bertanya (kepada mereka). Mereka menjawab: โ€œBeliau adalah Sufyan ats-Tsauri.โ€ Ketika orang-orang tersebut bubar, penuntun unta itu menghadap Sufyan ats-Tsauri dan meminta maaf. Lalu Sufyan ats-Tsauri berkata: โ€œBarangsiapa yang merusak (hidangan) makan orang lain (seperti yang aku lakukan kepadamu), ia akan tertimpa (keburukan) yang lebih besar.โ€ (Imam Abu Abdullah al-Dzahabi, Tarรฎkh al-Islรขm wa Wafayรขt al-Masyรขhรฎr wa al-Aโ€™lรขm, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah, 2006, juz 4, h. 401-402)

****

Membicarakan para salafus shalih tidak akan ada habisnya. Hikmah yang mereka pancarkan, entah disengaja atau tidak, seumpama lautan yang tak pernah kering. Keteladanan bagi mereka seperti hidangan yang tersaji begitu gampang, dan begitu sukar bagi kita. Setiap kali kita membaca kisah-kisah mereka, bibir ini tak kuasa menahan โ€œohโ€ yang keluar begitu saja. Kisah-kisah mereka membuat kita takjub sekaligus malu. Takjub karena cara berperilaku mereka yang kadang tidak terpikirkan oleh manusia pada umumnya. Malu karena di waktu yang sama menguliti kebebalan kita sebagai manusia.ย 

Imam Sufyan ats-Tsauri (97-161 H) adalah seorang ahli fiqih, muhaddits, mufassir, dan mujtahid yang mendirikan Mazhab Tsauri. Ia banyak meriwayatkan hadits dan memiliki banyak murid, seperti Abdullah bin Mubarak (118-181 H), Abdurrazaq al-Shanโ€™ani (126-211 H), Sufyan bin โ€˜Uyainah (107-198 H) dan lain sebagainya. Kedudukannya di kalangan ulama sangat tinggi, baik yang sezaman dengannya maupun yang tidak. Hampir semuanya memuji kualitas intelektual dan kesalehannya. Imam Yahya bin Said al-Qattan (w. 198 H) mengatakan: โ€œSufyรขn ats-Tsauri fauq Mรขlik fรฎ kulli syaiโ€™inโ€”Sufyan ats-Tsauri berada di atas Malik (bin Anas) di segala hal.โ€ (Imam al-Dzahabi, Siyar Aโ€™lรขm al-Nubalรขโ€™, Beirut: Muassassah al-Risalah, 2001, juz 7, h. 247). Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan: โ€œal-imรขm Sufyรขn ats-Tsauri lรข yataqaddamuhu ahadun fรฎ qalbรฎโ€”Imam Sufyan al-Tsauri, tidak ada seorang pun yang (kedudukannya) mendahuluinya di hatiku.โ€ (Imam al-Dzahabi, Siyar Aโ€™lรขm al-Nubalรขโ€™, juz 7, h. 241). Dan masih banyak pujian ulama kepadanya.

Dalam kisah di atas, Imam Sufyan ats-Tsauri mengakrabkan kita pada keteladanan yang mudah dicerna; keteladanan yang sederhana tapi tak terlintas pikiran kita. Ia mempersembahkan dirinya sebagaimana yang dipelajarinya. Citra dirinya adalah pengetahuannya. Sebagai pembelajar, ia belajar hingga nafas meninggalkannya. Berpindah dari satu guru ke guru lainnya; mendengar dari satu syekh ke syekh lainnya. Jumlah gurunya sangat banyak. Menurut pendapat yang masyhur lebih dari enam ratus syekh. Imam al-Dzahabi menulis:

ุฅู† ุนุฏุฏ ุดูŠูˆุฎู‡ ุณุช ู…ุงุฆุฉ ุดูŠุฎุŒ ูˆูƒุจุงุฑู‡ู… ุงู„ุฐูŠู† ุญุฏุซูˆู‡ ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉุŒ ูˆุฌุฑูŠุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆุงุจู† ุนุจุงุณุŒ ูˆุฃู…ุซุงู„ู‡ู…

โ€œSesungguhnya jumlah guru-gurunya (sekitar) enam ratus syekh, dan guru-guru utamanya menyampaikan kepadanya (hadits) dari Abu Hurairah, Jarir bin Abdullah, (Abdullah) bin Abbas, dan lain sebagainya.โ€ (Imam al-Dzahabi, Siyar Aโ€™lรขm al-Nubalรขโ€™, juz 7, h. 235)

Kisah di atas adalah citra dirinya, ia menerima tamparan sang penuntun unta dengan suka rela. Ia bahkan menganggapnya sebagai balasan yang pantas diterimanya. Baginya, orang yang merusak kenikmatan makan orang lain, akan mendapatkan musibah atau keburukan yang lebih besar, sehingga ia tidak merasakan sakit hati sedikit pun, meski ia seorang ulama besar, karena memang itulah yang diyakininya. Sebagai orang yang menghafal dan meriwayatkan banyak hadits, Imam Sufyan ats-Tsauri tentu tahu hadits nabi yang mengatakan (HR. Imam Abu Yaโ€™la):

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ูŠูŽุดู’ุจูŽุนู ูˆูŽุฌูŽุงุฑูู‡ู ุฌูŽุงุฆูุนูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽู†ู’ุจูู‡ู

โ€œBukanlah seorang mukmin (sejati), orang yang kenyang sementara tetangga di sampingnya kelaparan.โ€ (Imam al-Munawi, Faidl al-Qadรฎr Syarh al-Jรขmiโ€™ al-Shaghรฎr, Beirut: Darul Maโ€™rifah, tt, juz 5, 360)

Dan hadits yang mengatakan (HR. Imam Muslim):

ุฅูุฐูŽุง ุทูŽุจูŽุฎู’ุชูŽ ู…ูŽุฑูŽู‚ู‹ุง ููŽุฃูŽูƒู’ุซูุฑู’ ู…ูŽุงุกูŽู‡ูุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุงู†ู’ุธูุฑู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุจูŽูŠู’ุชู ู…ูู†ู’ ุฌููŠุฑูŽุงู†ููƒูŽุŒ ููŽุฃูŽุตูุจู’ู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุจูู…ูŽุนู’ุฑููˆูู

โ€œJika kau memasak, perbanyaklah kuahnya, lalu perhatikan penghuni rumah tetanggamu, dan berikan sebagian masakan itu kepada mereka dengan cara yang maโ€™ruf (santun).โ€ (Imam al-Nawawi, Syarh al-Nawawรฎ โ€˜alรข Muslim, Beirut: Darul Kitab al-Ilmiyyah, 2017, juz 15, h. 145)

Jika tetangga yang tidak dimintanya menjadi โ€œtetanggaโ€ saja diberikan hak sedemikian rupa oleh Allah, bagaimana dengan orang yang dipekerjakannya? Sudah tentu ia berada di bawah tanggungannya. Dan ternyata, karena beberapa keadaan tertentuโ€”mungkin tempat yang tidak mendukung atau sebagainyaโ€”ia tidak dapat memenuhi tanggung jawabnya dengan sempurna, hingga ditampar oleh orang yang dipekerjakannya. Baginya itu wajar, karena penuntun unta itu memiliki haknya sebagai pekerja, meski tindakannya terbilang keterlaluan.

Lebih menarik lagi, ketika penuntun unta itu meminta maaf, Imam Sufyan ats-Tsauri tidak menjawabnya dengan, โ€œaku memaafkanmu,โ€ tidak. Ia merasa tidak berhak dan pantas memberikan maaf. Ia merasa, ia lah yang lebih membutuhkan maaf karena tidak bisa memberikan makanan yang laik selama perjalanan ke Makkah. Ia menjawab, โ€œBarangsiapa yang merusak (hidangan) makan orang lain (seperti yang aku lakukan kepadamu), ia akan tertimpa (keburukan) yang lebih banyak.โ€ Seakan-akan Imam Sufyan ats-Tsauri hendak mengatakan, โ€œakulah yang salah, dan aku laik menerima tamparan itu.โ€

Keluhuran pekerti semacam ini sukar dimengerti umumnya manusia, apalagi mengamalkannya. Dalam pandangan sederhana, Imam Sufyan ats-Tsauri telah memenuhi tanggung jawabnya dengan memberikan roti (makanan) terbaik yang tersedia waktu itu, tapi rupanya si penuntun unta tidak puas. Bagi orang-orang berjiwa lapang, tanggung jawab baru dianggap tertunaikan jika objeknya merasa puas dan menerima. Tentu ini sulit dan tidak adil bagi orang umum, karena memenuhi kepuasan orang lain tidak mungkin dilakukan tanpa batasan tertentu, apalagi jika bertemu dengan orang rakus, kadar kepuasannya sangat sukar untuk dipenuhi. Namun, bagi para nabi dan wali, bukan โ€œfairโ€ atau โ€œtidak fairโ€ yang dijadikan standarnya, karena mereka melakukannya sebagai bentuk pengabdian, hingga nyawa pun tak mereka pedulikan.

Orang-orang semacam ini tidak lahir dari ruang hampa. Mereka terdidik oleh ilmu pengetahuan, dan tercerahkan oleh keteladanan. Mereka menjumpai guru-guru yang berilmu sekaligus berteladan. Ilmu menjadikan mereka tahu. Teladan menjadikan mereka pengamal ilmu yang baik. Karena itu, salah satu ucapan Imam Sufyan ats-Tsauri yang paling terkenal adalah:

ุฒูŠู†ูˆุง ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุญุฏูŠุซ ุจุฃู†ูุณูƒู…ุŒ ูˆู„ุง ุชุชุฒูŠู†ูˆุง ุจู‡

โ€œHiasilah ilmu dan hadits dengan diri kalian, dan jangan (jadikan) ilmu dan hadits penghias (diri) kalian.โ€ (Imam al-Dzahabi, Siyar Aโ€™lรขm al-Nubalรขโ€™, juz 7, h. 245)

Maksudnya adalah, agar manusia menghiasi ilmu dan hadits dengan mengamalkannya, bukan untuk terlihat pintar; agar manusia menjadi pelayan ilmu, bukan menjadikan ilmu pelayannya; agar manusia berperilaku dengan ilmu, bukan memperlakukan ilmu untuk kemasyhurannya; agar manusia menjalani kehidupan dengan ilmu, bukan menjalankan ilmu untuk kepentingan kehidupannya.ย 

Singkatnya, Imam Sufyan ats-Tsauri menghendaki manusia melayani ilmu dan tidak menjadikan ilmu dan hadits sebagai pelayannya. Kata kuncinya, mengutip perkataan Imam Ibrahim bin Adham:

ุฃุทู„ุจูˆุง ุงู„ุนู„ู… ู„ู„ุนู…ู„ ูุฅู† ุฃูƒุซุฑ ุงู„ู†ู‘ุงุณ ู‚ุฏ ุบู„ุทูˆุง ุญุชูŠ ุตุงุฑ ุนู„ู…ู‡ู… ูƒุงู„ุฌุจุงู„ ูˆุนู…ู„ู‡ู… ูƒุงู„ุฐุฑ

โ€œCarilah ilmu untuk diamalkan, karena kebanyakan manusia keliru, hingga menjadikan ilmunya setinggi gunung tapi amalnya sekecil debu.โ€ (Imam Abdul Wahhab al-Syaโ€™rani, Thabaqรขt al-Kubrรข, Kairo: Maktabah al-Tsaqafah al-Diniyyah, 2005, h. 129)

Semoga kita bisa meneladaninya. Rabbi zidnรฎ โ€˜ilma warzuqnรฎ fahma, amin. Wallahu aโ€™lam bish shawwab..


Muhammad Afiq Zahara, alumni PP. Darussaโ€™adah, Bulus, Kritig, Petanahan, Kebumen