Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah yang hanya wajib ditunaikan di bulan Ramadhan. Membayar zakat fitrah bagi seseorang berfungsi sebagai penyempurna ibadah puasa yang dijalankan selama bulan Ramadhan. Dalam salah satu hadits dijelaskan:
ุดูููุฑู ุฑูู
ูุถูุงูู ู
ูุนูููููู ุจููููู ุงูุณููู
ูุงุกู ููุงููุฃูุฑูุถู ุ ููููุง ููุฑูููุนู ุฅูููู ุงูููู ุฅููููุง ุจูุฒูููุงุฉู ุงููููุทูุฑู
โ(Puasa) di bulan Ramadhan digantungkan di antara langit dan bumi, tidak diangkat menuju Allah kecuali dengan zakat fitrahโ (HR. Ad-Dailami)
Dalam perkembangannya, terdapat beberapa pertanyaan seputar orang-orang yang wajib membayar zakat fitrah. Salah satunya tentang orang yang meninggal di bulan Ramadhan, apakah wajib bagi keluarganya untuk membayarkan zakat fitrah atas mayit tersebut? Kasus ini sangat sering terjadi.
Dalam menjawab pertanyaan tersebut, patut dipahami terlebih dahulu bahwa para ulama Syafiโiyah memberi ketentuan bahwa seseorang wajib membayar zakat fitrah ketika ia menemui dua waktu wajibnya zakat fitrah: (1) masa akhir bulan Ramadhan atau sebelum terbenamnya matahari di akhir Ramadhan dan (2) awal bulan Syawal, yakni setelah terbenamnya matahari lepas akhir Ramadhan. Dua waktu itu harus dijumpai. Bila salah satu saja dari dua waktu itu tidak sempat dijumpai, gugurlah kewajiban zakat fitrah bagi seseorang. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam referensi berikut:
ุงูุซุงูู: ุฃู ูุฏุฑู ููุช ูุฌูุจูุง ุงูุฐู ูู ุขุฎุฑ ุฌุฒุก ู
ู ุฑู
ุถุงู ูุฃููู ุฌุฒุก ู
ู ุดูุงูุ ูุชุฎุฑุฌ ุนู
ู ู
ุงุช ุจุนุฏ ุงูุบุฑูุจ ูุนู
ู ููุฏ ูุจูู ููู ุจูุญุธุฉ ุฏูู ู
ู ู
ุงุช ูุจูู ูุฏูู ู
ู ููุฏ ุจุนุฏู
โSyarat kedua, menemukan waktu wajibnya zakat fitrah, yakni akhir bagian dari Ramadhan dan awal bagian dari Syawal. Maka wajib dikeluarkan zakat atas orang yang meninggal setelah terbenamnya matahari (di hari akhir Ramadhan) dan atas bayi yang lahir sebelum terbenamnya matahari, meskipun dengan jarak yang sebentar. Tidak dikeluarkan zakat bagi orang yang mati sebelum terbenamnya matahari (di hari akhir Ramadhan) dan bayi yang lahir setelah terbenamnya matahariโ (Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Nihayah az-Zain, hal. 174)
Maka bagi orang yang tidak menemui salah satu dari dua masa tersebut, misalnya seperti orang yang meninggal di bulan Ramadhan, atau bayi yang lahir pada malam takbir (malam Idul Fitri) maka tidak wajib bagi mereka zakat fitrah. Penjelasan yang sama juga terdapat dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji โala al-Madzhab al-Imam as-Syafiโi berikut:
ุงูุซุงูู- ุบุฑูุจ ุดู
ุณ ุขุฎุฑ ููู
ู
ู ุฑู
ุถุงู: ูู
ู ู
ุงุช ุจุนุฏ ุบุฑูุจ ุฐูู ุงูููู
ุ ูุฌุจุช ุฒูุงุฉ ุงููุทุฑ ุนููุ ุณูุงุก ู
ุงุช ุจุนุฏ ุฃู ุชู
ูู ู
ู ุฅุฎุฑุงุฌูุงุ ุฃู
ู
ุงุช ูุจููุ ุจุฎูุงู ู
ู ููุฏ ุจุนุฏู. ูู
ู ู
ุงุช ูุจู ุบุฑูุจ ุดู
ุณู ูู
ุชุฌุจ ูู ุญููุ ุจุฎูุงู ู
ู ููุฏ ูุจูู
โSyarat kedua adalah terbenamnya matahari di akhir hari dari Ramadhan. Maka orang yang meninggal setelah terbenamnya matahari pada hari tersebut, maka wajib zakat fitrah atas dirinya. Baik ia meninggal setelah mampu untuk mengeluarkan zakat atau sebelum mampu. Berbeda hukumnya bagi bayi yang lahir setelah terbenamnya matahari. Sedangkan orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari (di hari akhir Ramadhan) maka tidak wajib zakat bagi dirinya, berbeda hukumnya bagi bayi yang lahir sebelum terbenamnya matahariโ โ (Dr. Musthafa Said al-Khin dan Dr.ย Musthafa al-Bugha, al-Fiqh al-Manhaji โala al-Madzhab al-Imam as-Syafiโi, juz 1, hal. 150)
Sedangkan ketika seseorang mempercepat (taโjil) pembayaran zakat di awal Ramadhan, lantas ketika pertengahan Ramadhan ia meninggal, maka harta yang dikeluarkan atas nama zakat tersebut hakikatnya bukanlah zakat, tapi sedekah, sebab ia tidak menemui salah satu masa yang mewajibkan zakat, yakni awal Syawal. Penjelasan ini seperti dijelaskan dalam kitab Dalil al-Muhtaj ala Syarh al-Minhaj:
ููู ู
ุงุช ุงูู
ุงูู ุฃู ุชูู ุงูู
ุงู ุฃู ุจูุน ูู
ููุน ุงูู
ุนุฌู ุฒูุงุฉ
โJika orang yang memiliki harta meninggal atau harta yang dizakati rusak atau hartanya dijual (dalam kasus zakat mal), maka benda yang dipercepat atas nama zakat tidak berstatus sebagai zakatโ (Syekh Rajab Nawawi, Dalil al-Muhtaj ala Syarh al-Minhaj, Juz 1, Hal. 290)
Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang yang meninggal di bulan Ramadhan, tidak wajib baginya membayar zakat. Bila terlanjur menunaikannya saat masih hidup, maka ia tetap mendapat pahala dari pemberiannya itu, tapi dalam status sedekah, bukan zakat fitrah. Wallahu aโlam.ย
Ustadz M. Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pondok Pesantren Annuriyah Kaliwining, Rambipuji, Jember