Khutbah

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Kautamaan Dohot Parenta Kurban di Al-Qur’an Dohot Hadits

Rab, 21 Juni 2023 | 18:00 WIB

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Kautamaan Dohot Parenta Kurban di Al-Qur’an Dohot Hadits

Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Kautamaan Dohot Parenta Kurban di Al-Qur’an Dohot Hadits. (Foto: NU Online)

Pada dasarnya, kurban merupakan sebuah ibadah yang penuh makna dan hikmah. Dalam pelbagai hadits Rasulullah dijelaskan bahwa kurban memiliki pelbagai keutamaan bagi orang yang berkurban.


Khutbah Jumat ini mengangkatkan tema tentang “Khutbah Jumat Bahasa Mandailing: Kautamaan Dohot Parenta Kurban di Al-Qur’an Dohot Hadits”. Untuk mencetak naskah khutbah Jumat ini, silakan klik ikon print berwarna merah di atas atau bawah artikel ini (pada tampilan desktop). Semoga bermanfaat! (Redaksi)



Khutbah I
 

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ  أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْاٰنِ: ﴿الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنْفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالأَسْحَارِ﴾. ويقولُ: ﴿يَآ أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ.


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Syukur alhamdulillah mari ma hita ucapkon tu Allah SWT, na madung malehen hita nikmat sehat wal afiat, sehingga hita bisa markumpul bisa melaksana on shalat Jumat di hari na mulia on. Syukur tu Allah, hakekat na, imada rasa tarimo kasih na sangat dalam seorang hamba tu Tuhan na, na madung malehen diiba kesehatan dohot kesempatan, songon i juo umur panjang, sahinggo bisa dope hita melaksanakan rutinitas ibadah na hita laksana on sakali dalam saminggu, imada sumbayang Jumat.  


Shalawat dohot salam ita ucapkon tu baginda Nabi Muhammad. Imada Rasulullah kekasih Allah. Nabi akhir zaman, na penuh dengan tauladan di kehidupan na.  Sebagai khotib, madung jadi kawajiban di hami, untuk mengajak hita sasude na, termasuk diri pribadi, maningkat kon takwa tu Allah SWT. Arana takwa manyalamotkon manusia di dunio dohot akhirat.


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Ibadah kurban tarmasuk amalan na sangat dicintai Allah na dilaksanaon di ari rayo Idul Adha, terutama di alak na adong harto na marlobi. Kurban manurut etimologi donok, sedangkon manurut istilah kurban maksud na manyambol atau mangkoyok binatang ternak di ari nahar dohot ari-ari tasyriq disertai dohot niat. Tujuan markurban imada mandonokkon diri tu Allah dohot dalan sadokah juhut-juhut kurban tu alak na fakir dohot miskin, dohot manghadiahkon tu kaum sisolkot. 


Allah marfirman dalam Q.S al Kautsar [108]: ayat 2;


فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ


Artinya: "Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah"


Manurut Imam Thabari di kitab Tafsir Jami’ al Bayan, kata “nahar” maksud na menyembah dohot mangoyok binatang kurban di ari rayo. Arana i, di Idul Adha alak na adong kemampuan finansial dianjurkon markurban. Imam Thabari markata;


والنحر: النسك والذبح يوم الأضحى.


Artinya: "Dan nahar maksud na; panyembahan dohot mangkoyok hewan kurban di hari Idul Ada" [ Abu Ja’far at Thabari, Tafsir Jami’ al Bayan [Mekah, Dar al tarbiyah wa al Turats, tt], halaman 653


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Di sisi na lain, di bagasan Tafsir al Baghawi dijelaskon bahwa ayat 2 di Q.S al Kautsar, bahwa umat terdahulu dompak so ro Islam, alai sumbayang inda manghadop Allah, songon i juo, markurban inda karena Allah SWT. Arana i, Allah manyuruh Nabi Muhammad sumbayang manghadop Allah dohot markurban arana Allah SWT. 


Lebih lanjut, Muhammad bin Ka’ab menjelaskon na dimaksud ayat “laksanakanlah shalat karena Tuhanmu” arti na sumbayang Idul Adha di hari Nahar. Sedangkan kata “anhar” maksu na, penyembahan na dilaksanaon karena Allah SWT. Alak na markurban seyogia na ikhlas karena Allah semata. 


، قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ كَعْبٍ: إِنْ أُنَاسًا كَانُوا يُصَلُّونَ لِغَيْرِ اللَّهِ وَيَنْحَرُونَ لِغَيْرِ اللَّهِ، فَأَمَرَ اللَّهُ نَبِيَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُصَلِّيَ وَيَنْحَرَ لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ. وَقَالَ عِكْرِمَةُ وَعَطَاءٌ وَقَتَادَةُ: فَصَلِّ لِرَبِّكَ صَلَاةَ الْعِيدِ يَوْمَ النَّحْرِ وَانْحَرْ نَسُكَكَ


Artinya: "Muhammad bin Ka’ab mandokkon; sungguh na manusia alai malaksana on sumbayang inda menghadap karena Allah taala, dohot mangkoyok binatang kurba juo inda karena Allah, maka Allah manyuru Nabi Muhammad SAW, angso sumbayang dohot kurban arana Allah SWT. Ikrimah, Atha’, dohot Qatadah mandokon na di maksud “laksanakanlah salat karena Tuhanmu” imada sumbayang Idul Adha, sementara maksud “berkurbanlah” koyok ma binatang kurban mu karena Allah." [ Abu Muhammad al-Baghawi, Ma'alimut Tanzil, Jilid V [Beirut, Dar Turats al Arabi, 1999 ], hal, 316.


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Mardasarkon anjuran dohot kautamaan kurban i, mazhab Hanafiyah menghukumi kurban wajib satiop taon bagi alak na mampu dohot alak na inda di bagasan pardalanan [musafir]. Arana i, bagi alak na inda markurban, padahal mampu secara finansial, mandapotkan ancaman dohot dosa. Dasar hukum wajib markurban on sebagaimana hadis sian Ibnu Majah na marsumber sian Abu Hurairah, Rasulullah bersabda;


مَنْ وَجَدَ سِعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلا يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا


Artinya: "Ise sajo alak na adong kelapangan harto, tai ia inda markurban, anggo songon i ulang ia donok tu ganan sumbayang nami."


Sementara manurut ulama sian mazhab Malikiyah, Syafi’iyah, dohot Hanabilah malaksanaon kurban hukum na sunnah muakkad. Arana i, satiop muslim dianjurkon markurban anggo adong lapang rasoki na, bahkan ni ulama mandokon alak na adong kemampuan finansial, tai inada markurban hukum na makruh. On sesuai sian hadis riwayat Imam Al-Hakim na marsumber sian riwayat Ibnu Abbas, Nabi marsabda;


سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : ثلاث هن علي فرائض وهن لكم تطوع : الوتر والنحر وصلاة الضحى


Artinya: "Au mambege Nabi Muhammad SAW marsabda; tolu hal na wajib tua u, tai sunnah tu hamu, yakni shalat witir, kurban, dohot shalat sunnah Dhuha."


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Di sisi na lain, Rasulullah marsabda di sada hadits riwayat Imam Hakim, Ibnu Majah, dohot Tirmidzi, na mandokon kurban mangandung manfaat na sangat godang. Salah satu faedah na, kurban tarmasuk amalan na disukai Allah na dilaksanaon di ari rayo Idul Adha, Nabi marsabda; 


مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا


Artinya: "Inda adong di ari nahar jolma na maramal dohot sada amal na lobih dicintai Allah dibandingkon mangalirkon mudar sian binatang kurban. Kurban nai angkon ro tu sia manjadi saksi di hari kiamat dohot lengkap, mulai sian tanduk, kuku, dohot bulu manjadi saksi. Sungguh na mudar sian binatang i angkon sampe tu Allah sebelum tetesan daro nia madabu tu bumi, arana i sucion jiwa muyu dohot markurban."


Selanjut na Rasulullah di hadis na lain manjelaskon kurban on mangandung pahala dohot kebaikan na sangat godang— kebaikan di kurban sabahat bulu binatang na dijadion kurban--, arana i, alak na adong kemampuan finasial dianjurkon markurban di Idul Adha. Nabi marsabda; 


قَالَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا هَذِهِ الأَضَاحِىُّ قَالَ سُنَّةُ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ. قَالُوا فَمَا لَنَا فِيهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ بِكُلِّ شَعَرَةٍ حَسَنَةٌ. قَالُوا فَالصُّوفُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ بِكُلِّ شَعَرَةٍ مِنَ الصُّوفِ حَسَنَةٌ.


Artinya: “Sahabat marsapa tu Rasulullah, “Wahai Nabi SAW, aha maksud sian binatang kurban songon on? Rasulullah marsabda, on termasuk sunnah sian damang muyu, Nabi Ibrahim, satorusna alai marsapa, “Wahai Rasulullah, anggo songon i aha na dapot sian markurban? “ Nabi manjawab; “satiop obuk kurban mangandung kebaikan,”. Sahabat marasapa mulak, “ songon dia dohot bulu na wahai Rasulullah?, Nabi manjawab,” Sian obuk na adong bulu-bulu na tardapot kebaikan na sangat godang,”.   


Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Selanjut na ibadah kurban tarmasuk amalan na bisa mengampuni dosa umat manusia. Ponting juo diingot bahwa kurban mangandung dua sisi; sisi kanan ibadah vertikal, antara manusia tu Allah. Arti na alak na markurban mangharopkon ampunan dosa, dohot pahala sian Tuhan. Kurban dalam tahap on, bukti penghambaan manusia tu Allah. Di sisi sabolah na, kurban juo mangandung dimensi kemanusiaan.


Ibadah na dilaksanaon di bulan Dzulhijjah tarmasuk amalan kemanusian, na marlandaskon kasih sayang, kecintaan terhadap sesama manusia. Arana daging na disembelih i, dianjurkon dibagi on tu alak-alak na mambutuhkon sian fakir dohot miskin. Penjelasan on adong di kitab Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Jilid III, halaman 595, karya Syekh Wahbah al-Zuhaili; 


والحكمة من تشريعها: هو شكر الله على نعمه المتعددة, وعلى بقاء الإنسان من عام لعام, ولتكفير السيئات عنه: إما بارتكاب المخالفة, أو نقص المأمورات, وللتوسعة على أسرة المضحي وغيرهم


Artinya: “Dan hikmah sian disyariatkon kurban imada mnsyukuri nikmat Allah na inda tarhitung jumlah na, dohot dilehen umur na panjang sian taon tu taon, melebur dosa sian alak na markurban, serta diluaskon rasoki tu keluarga na markurban, dohot na lain na."


بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ، فَاعْتَبِرُوْا يَآ أُوْلِى اْلأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ


Khutbah II


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى. فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ: (وَالْعَصْرِ. إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْر(


إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، فِى الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.


اللهم اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ رَبَّنَا اغْفِرْ وََارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا، رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا، رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ وَاشْكُرُوْا عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُاللهِ أَكْبَرُ.


Zainuddin Lubis, Pegiat Kajian Islam, tinggal di Ciputat