Home Khutbah Hikmah Ekonomi Syariah Bathsul Masail Ubudiyah Fiqih Difabel Warisan Zakat Nikah Video Foto Download

Arti Mimpi tentang Minum Obat dan Miras

Arti Mimpi tentang Minum Obat dan Miras
Mimpi minum obat dan miras
Mimpi minum obat dan miras

Di antara mimpi yang dialami oleh seseorang adalah mimpi mengonsumsi berbagai minuman. Dari mimpi tersebut yang menjadi perhatian ulama mu’abbirîn (pakar tafsir mimpi) adalah mimpi minum obat dan miras atau minuman keras.


Tafsir Mimpi Minum Obat

Arti mimpi minum obat diperinci berdasarkan orang bermimpi. Jika orang yang bermimpi adalah orang sakit dan obat yang minum bukan obat yang berseberangan dengan jenis sakitnya, maka memiliki arti kalau ia akan segera sembuh. Berbeda ketika obat diminum tampak berseberangan dengan jenis sakit yang dideritanya, maka menunjukkan arti kalau sakitnya akan bertambah lama. 


Maksud obat yang berseberangan dengan sakitnya misalnya dalam mimpi ia minum obat sakit panas, padahal sakit yang dideritanya adalah masuk angin; atau obat yang diminumnya saat mimpi adalah obat kencing manis, padahal sakit yang dideritanya adalah infeksi lambung dan contoh-contoh lain yang serupa.


Adapun mimpi minum obat bagi orang yang secara lahirnya tampak sehat, maka menunjukkan kalau ia akan mengalami sakit. (Abu al-Abbas Ahmad bin Abdurrahman, Qawâ’idu Tafsîril Ahlâm, [Beirut, Muassasah ar-Rayyân, 2020 M], cetakan pertama, halaman 305).


Jika seseorang bermimpi minum obat yang terasa wangi dan enak, jika ia belum menikah, maka menunjukkan arti kalau ia akan segera menikah. Jika yang mengalami adalah orang yang masih belum dikaruniai anak, maka merupakan pertanda akan segera diberi anak. Jika ia dalam kondisi fakir, maka mimpi tersebut merupakan pertanda ia akan segera kaya. 


Mimpi minum obat terkadang juga merupakan pertanda agama orang yang bermimpi sudah baik dan ilmunya bermanfaat. Jika seseorang bermimpi menolak untuk minum obat yang semestinya harus diminum, maka menunjukkan arti kalau ia telah melenceng dari ajaran agama. (Abdul Ghani an-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm fî Tafsîrl Ahlâm, [Al-Amiriyah], juz I, halaman 213).


Tafsir Mimpi Minum Miras

Mimpi minum miras atau minuman keras menunjukkan isyarat harta haram atau harta yang cacat. Jika seseorang bermimpi minum miras maka menunjukkan pertanda ia telah melakukan dosa besar, sekaligus pertanda ia akan mendapatkan rejeki yang banyak. Jika ia bermimpi minum miras yang tercampur air, maka menunjukkan arti harta diperolehnya sebagian halal dan sebagian haram. Ada pula ulama tafsir mimpi yang mengartikan kalau harta yang diperolehnya adalah harta persekutuan (milik bersama dengan orang lain).


Terkadang mimpi minum miras menunjukkan isyarat arti yang bagus. Misal seperti seseorang bermimpi melihat orang yang telah meninggal minum miras, maka menunjukkan arti kalau orang yang telah meninggal tersebut diberi kenikmatan di akhirat, sebab miras merupakan minuman yang halal dikonsumsi ketika sudah ada di surga. Namun penafsiran demikian berlaku ketika mayit di akhir hayatnya tidak tergolong orang yang terus-menerus menjadi peminum miras. Jika saat akhir hayat mayit masih menjadi peminum miras, maka mimpi seperti di atas adalah arti yang buruk.


Jika orang yang bermimpi minum miras adalah pejabat atau penguasa, maka menunjukkan ia akan lengser dari jabatannya. Jika orang yang bermimpi adalah orang yang mau melangsungkan pernikahan, maka merupakan pertanda baik. Jika orang yang bermimpi adalah orang yang sedang sakit, maka pertanda ia akan sembuh dari sakitnya. Jika orang yang bermimpi adalah orang alim, maka menunjukkan arti kalau ilmunya akan semakin bertambah. Sebab miras terkadang menjadi pemantik munculnya pemikiran-pemikiran dan inspirasi baru. 


Sedangkan bermimpi ada di tengah-tengah perkumpulan orang dengan banyak miras menunjukkan arti akan ada fitnah atau perpecahan yang menimpa dirinya. Jika seseorang bermimpi diundang di majelis yang penuh miras dan berbagai macam makanan, maka merupakan isyarat ia akan diajak berjuang, lalu mati syahid. Wallâhu a’lam. (An-Nabulusi, Ta’thîrul Anâm, juz I, halaman 182).

 


Gus M Ali Zainal Abidin, Pengajar di Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Rambipuji, Jember.

 

 


 

Posisi Bawah | Youtube NU Online