IMG-LOGO
Trending Now:
Bahtsul Masail

Hukum Membunuh Tikus dengan Siraman Air Panas

Sabtu 29 September 2018 14:0 WIB
Share:
Hukum Membunuh Tikus dengan Siraman Air Panas
(Foto: ijubav.info)
Assalamu alaikum. Wr. Wb.
Redaksi Bahstul Masail NU Online. Izin bertanya. Di rumah saya sering banyak tikus. Ibu saya sering masang perangkap tikus. Kemudian bila tikus sudah ditangkap, ibu saya menyiramnya pakai air panas, padahal setahu saya membunuh hewan dengan api adalah haram. Lantas bagaimana cara ibu saya membunuh tikus? Terima kasih. (Hamba Allah).

Jawaban
Wa’alaikum salam wr.wb.
Saudara penanya, semoga diberikan pemahaman dan amaliah agama yang baik. Islam telah menggariskan pedoman tentang berbuat ihsan, yaitu berbuat baik kepada makhluk: manusia, hewan dan lingkungan. Berbuat baik ini tidak hanya dalam hal memperlakukan saat hidupnya tetapi mencakup pula cara kita memperlakukan saat matinya, termasuk pula dalam hal membunuh hewan. 

Sementara ada beberapa jenis hewan dalam kelompok al-fawâsiq al-khams (lima kelompok hewan yang dipandang berbuat keji), dianjurkan dibunuh karena aspek perbuatan buruk dan kejinya, membahayakan atau mengganggu manusia, misalnya ular dan tikus. Termasuk dalam kategori ini, nyamuk dan kutu di kepala.

Praktik pembasmian tikus, misalnya, harus dilakukan dengan cara yang terbaik, yaitu dengan cara yang tidak menyiksa, yakni dengan cara yang bisa lebih mempercepat matinya, tetapi yang paling sedikit aspek menyakitinya. Membunuh hewan dengan membakarnya atau menyiramnya dengan air panas adalah bentuk yang tidak baik, karena ada aspek penyiksaan sehingga harus dihindari sedapat mungkin. 

Ketentuan ini berdasarkan hadits dan penjelasannya: 

عَنْ رَسُوْلِ اللهِﷺ قَالَ: إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ(رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya, “Dari Rasulullah SAW, ia bersabda, ‘Sungguh Allah mewajibkan berbuat ihsan (berbuat baik) kepada apa pun. Maka jika kalian membunuh, maka lakukan dengan cara yang baik. Bila kalian menyembelih binatang, maka lakukan dengan cara yang baik. Hendaknya seorang dari kalian menajamkan alat sembelihnya sehingga bisa meringankan sembelihannya,” (HR Muslim).

Syekh Ali bin Shulthan Muhammad al-Qâri (w 1014) dalam menjelaskan hadits di atas mengatakan:

وَالْمُرَادُ مِنْهُ الْعُمُوْمُ الشَّامِلُ لِلْإِنْسَانِ وَالْحَيَوَانِ حَيًّا وَمَيِّتًا ، وَفِيْهِ إِشَارَةٌ إِلَى أَنَّهُ صلى الله عليه وسلم رَحْمَةٌ لِلْعَالَمِيْنَ وَأَنَّهُ بُعِثَ لِمَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَنَّ لِأُمَّتِهِ نَصِيْبًا وَحَظًّا مِنْ هَذَا الْوَصْفِ بِمُتَابَعَتِهِ.وَالْإِحْسَانُ فِيْهَا : اِخْتِيَارُ أَسْهُلِ الطُّرُقِ وَأَقَلِّهَا إِيْلَامًا (مُرَاقَاةُ الْمَفَاتِيْحِ شَرْحُ مِشْكَاتِ الْمَصَابِيْحِ، لِشَيْخِ عَلِيِّ بْنِ سُلْطَانٍ مُحَمَّدٌ اَلْقَارِي

Artinya, “Maksud dari hadits agar berbuat baik tersebut adalah bersifat umum mencakup manusia dan hewan, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Hadits ini memberikan isyarat bahwa Nabi SAW adalah pembawa rahmah bagi alam semesta (rahmatan lil ‘alamin), beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak, dan bagi umatnya ada bagian dari sifat ini, yaitu mengikuti beliau... Berbuat ihsan: memilih cara yang paling mudah dan paling sedikit atau paling ringan menimbulkan rasa sakit,” (Lihat Syekh ‘Ali bin Shulthân Muhammad Al-Qârî, Murâqâtul Mafâtîh Syarhu Misykâtil Mashâbîh, [Beirut, Dârul Kutub Al-‘Ilmiyyah: 2001], juz VIII, halaman 14).

Betul ada larangan membunuh hewan dengan api karena masuk dalam cakupan makna hadits:

وَإِنَّ النَّارَ لَا يُعَذِّبُ بِهَا إِلَّا اللهُ

Artinya, “Sungguh api tidak boleh dipakai untuk menyiksa kecuali oleh Allah,” (HR Al-Bukhari).

Ibnu Hajar Al-‘Asqalânî menjelaskan hadits ini:

وَفِيْهِ كَرَاهَةُ قَتْلِ مِثْلِ الْبُرْغُوْثِ بِالنَّارِ .

Artinya, “Dalam hadits ini terdapat hukum makruh membunuh hewan sejenis nyamuk dengan memakai api, (Lihat Ibnu Hajar Al-‘Asqalânî, Fathul Bârî bi Syarhi Shahîhil Bukhârî, [Riyadh, Dârut Thaibah: 2005], juz VII, halaman 269-271).

Untuk itu, seyogianya membunuh tikus tersebut sebisa mungkin dengan cara yang lebih cepat mematikannya, tetapi tidak menyiksanya. Misalnya dengan alat setrum dan alat yang cepat mematikannya.

Sungguh pun demikian, alat dan cara membunuhnya tidak baku, tetapi sifatnya kondisional, disesuaikan dengan lingkungan yang bersangkutan.

Demikian penjelasan ini, semoga dapat dipahami dengan baik. Kami terbuka menerima masukan dari pembaca yang budiman.

Wallâhul muwaffiq iIâ aqwamith tharîq
Wassalamu ‘alaikum wr. wb.


(Ahmad Ali MD)
Share:
Selasa 18 September 2018 5:0 WIB
Hukum Menjaga Penampilan di Muka Umum
Hukum Menjaga Penampilan di Muka Umum
(Foto: oulamadz.org)
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Redaksi Bahtsul Masail NU Online, saya ingin bertanya. Belakangan ini ramai beredar di muka umum orang menyampaikan materi agama dengan penampilan ustadz dan tetapi tampak meragukan dari materi yang disampaikannya. Pertanyaannya kemudian, seharusnya penampilan orang yang menyampaikan materi agama seperti apa? Dan pengetahuan apa yang seharusnya diketahui? Mohon penjelasannya. Terima kasih. Wassalamu ‘alaikum wr. wb. (Cahyawulan/Tangerang Selatan)

Jawaban
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Penanya yang budiman, semoga Allah SWT menurunkan rahmat-Nya untuk kita semua. Di sini terdapat dua pertanyaan. Pertama, soal penampilan. Seorang yang menyeru kebaikan sebaiknya menjaga penampilan dan tampil rapi di depan umum karena Allah sendiri menyukai kerapian yang menjadi awal keindahan sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini.

إن الله جميل يحب الجمال

Artinya, “Allah itu indah. Dia mencintai keindahan.”

Tampil dengan pakaian rapi bukan lagi dairtikan sebagai kesombongan. Tampil rapi di zaman sekarang ini menjadi sebuah keharusan, terutama mereka yang harusnya memiliki charisma seperti istri terhadap suaminya dan sebaliknya, ulama, pemerintah, atasan-bawahan, dan lain sebagainya sebagaimana keterangan berikut ini.

فالتجمل بالملابس ونحوها ليس كبرا في الصلوات والجماعات وفي حق المرأة لزوجها وفي حق العلماء لتعظيم العلم في نفوس الناس ويكون واجبا في ولاة الأمور وغيرهم إذا توقف عليه تنفيذ الواجب

Artinya, “Tampil bagus dengan pakaian dan seterusnya bukan kesombongan, dalam shalat, dalam berjamaah, bagi perempuan terhadap suaminya, ulama terhadap umatnya demi menjaga wibawa ilmu di hati umat, dan menjadi wajib bagi penguasa dan yang lainnya bila eksekusi yang wajib itu bergantung pada dirinya,” (Lihat Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun], halaman 123).

Penyeru agama dan siapa pun yang harusnya memiliki kharisma harus mengubah paradigm lama soal penampilan. Mereka tidak lagi bisa berpenampilan “sangat sederhana” seperti zaman salafus saleh terdahulu karena kecenderungan masyarakat dahulu dan masyarakat sekarang sama sekali berbeda sebagaimana keterangan Al-Baijuri berikut ini.

فإن الهيئة المزرية لا تصلح معها مصالح العامة في العصر المتأخرة لما طبعت عليه النفوس الآن من التعظيم بالصور عكس ما كان عليه السلف الصالح من التعظيم بالدين والتقوى

Artinya, “Karena sungguh keadaan yang berantakan tidak layak bagi kemaslahatan umum di zaman mutakhir ini karena tabiat manusia sekarang cenderung mengagungkan penampilan, berbeda dengan salafus saleh yang memuliakan agama dan ketakwaan (substansi),” (Lihat Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun], halaman 123).

Dari sini dapat dipahami bahwa cara berpikir zaman dahulu perihal penampilan tidak bisa dipaksakan untuk situasi saat ini karena kecenderungan dan semangat zaman masyarakatnya berbeda. Zaman sekarang lebih memerhatikan bentuk, meski tidak sepenuhnya. Sementara zaman dulu atau salafus saleh lebih mementingkan substansi. Hal yang sama juga berlaku untuk profesi lainnya, seperti dokter, resepsionis, teller bank, dan lain sebagainya.

Sedangkan soal kedua, pengatahuan dasar yang perlu dimiliki penyeru agama itu adalah pendidikan dasar di madrasah dan pesantren seperti pengetahuan perihal tata bahasa Arab (nahwu), asbabun nuzul, asbabul wurud, fiqih dasar.

Adapun perihal fatwa, para dai sebaiknya menghindarinya karena proses produksi fatwa memerlukan syarat-syarat yang lebih banyak dan penguasaan pelbagai lintas disiplin pengetahuan sebagai diatur dalam adab fatwa, adab mufti, dan adab mustafti.

Demikian jawaban singkat kami. Semoga bisa dipahami dengan baik. Kami selalu terbuka dalam menerima kritik dan saran dari para pembaca.

Wallahul muwaffiq ila aqwathih thariq,
Wassalamu ’alaikum wr. wb.


(Alhafiz Kurniawan)
Jumat 14 September 2018 8:0 WIB
Hukum Sampaikan Dakwah di Klub Malam
Hukum Sampaikan Dakwah di Klub Malam
(Foto: shutterstock)
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Redaksi Bahtsul Masail NU Online, saya ingin bertanya. Belakangan ini ramai beredar di media sosial yang menampilkan seseorang sedang berdiri di sebuah panggung di dalam sebuah gedung yang tampaknya mendekati tempat hiburan malam. Orang di atas panggung itu kemudian mengajak seratus lebih pengunjung tempat hiburan itu untuk bershalawat. Lalu mereka serempak membaca shalawat. Pertanyaan saya, bolehkah seseorang menyampaikan seruan kebaikan di tempat hiburan? Mohon keterangannya. Terima kasih. Wassalamu ‘alaikum wr. wb. (Nurdin/Sumedang)

Jawaban
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Penanya yang budiman, semoga Allah SWT menurunkan rahmat-Nya untuk kita semua. Pertama sekali yang perlu ditempatkan kedudukan secara jelas adalah bahwa tindakan orang yang berdiri di panggung tersebut lalu mengajak seratus lebih pengunjung tempat hiburan malam untuk membaca shalawat adalah bagian dari perintah amar makruf.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah boleh melakukan amar makruf dan nahi munkar tempat hiburan malam?

Pertanyaan ini tidak dapat dijawab dengan mutlak-mutlakan seperti jawaban “boleh” atau “tidak boleh”. Sebagian ulama menjawab pertanyaan ini dengan mengembalikannya pada syarat amar makruf dan nahi munkar itu sendiri.

Syarat pertama amar makruf dan nahi munkar yang diajukan oleh sekelompok ulama ini adalah penguasaan atas pengetahuan syariat perihal hukum yang diamarmakrufkan dan dinahimunkarkan.

واعلم) أن لوجوب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر شروطا أحدهما أن يكون المتولي لذلك عالما بما يأمر به وينهى عنه فالجاهل بالحكم لا يحل له الأمر ولا النهي فليس للعوام أمر ولا نهي فيما يجهلونه وأما الذي استوى في معرفته العام والخاص ففيه للعالم وغيره الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر

Artinya, “(Ketahuilah) kewajiban amar makruf dan nahi munkar terdapat beberapa syarat. Salah satunya adalah bahwa orang yang menangani masalah ini memahami hukum yang diamarmakrufkan dan dinahimunkarkan. Orang awam tidak boleh melakukan amar makruf dan nahi munkar pada soal yang mereka tidak mengerti hukumnya. Sedangkan persoalan yang diketahui hukumnya oleh orang awam dan orang alim, maka orang alim dan orang awam boleh melakukan amar makruf dan nahi munkar,” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun], halaman 120).

Syarat kedua amar makruf dan nahi munkar yang diajukan oleh sekelompok ulama ini adalah perihal jaminan pasti atas ketiadaan kemunkaran yang lebih besar.

Syarat ketiga amar makruf dan nahi munkar adalah pertimbangan efektivitas, yaitu apakah tindakan amar makruf dan nahi munkar yang akan dilakukannya itu akan berbuah sesuai tujuan.

Sekelompok ulama ini, seperti Al-Qarafi, berpendapat bahwa semua itu merupakan syarat yang harus terpenuhi untuk tindakan amar makruf dan nahi munkar. Bila satu syarat saja tidak terpenuhi, maka tidak ada kewajiban untuk amar makruf dan nahi munkar.

Dari pendapat sekelompok ulama ini kemudian dapat dipahami bahwa menyampaikan dakwah atau seruan kebaikan dalam konteks ini membaca shalawat nabi di tempat hiburan sangat dimungkinkan dengan mempertimbangkan beberapa hal yang dapat dikembangkan dari tiga syarat tersebut sesuai dengan kebutuhan, situasi, norma, dan protokoler yang berlaku di tempat hiburan tersebut.

Sementara ulama Syafi’iyah tidak mensyaratkan apa pun untuk melakukan amar makruf dan nahi munkar. Artinya, seseorang tidak perlu pertimbangan apa pun untuk mengajak pengunjung tempat hiburan malam untuk membaca bersama shalawat nabi SAW.

Ulama Syafi’iyah tidak mensyaratkan penguasaan hukum shalawat nabi, jaminan keamanan dari kaos atau kemunkaran yang lebih besar karenanya, dan efektivitas.

Apakah amar makruf dan nahi munkar membuahkan hasil? Hal ini tidak menjadi syarat tindakan amar makruf dan nahi munkar menurut Ulama Syafi’iyah seperti Imam An-Nawawi yang dikutip oleh Al-Baijuri berikut ini.

وقال أكثر العلماء كالشافعية لا يشترط هذا الشرط لأن الذي عليه الأمر والنهي لا القبول كما قال تعالى وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ وقال تعالى وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَى تَنْفَعُ الْمُؤْمِنِينَ ولذالك قال النواوي قال العلماء ولا يسقط عن المكلف الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر لكونه لا يفيد في ظنه بل يجب عليه فعله اهـ ملخصا من شرح المصنف ومن حاشية الشنواني

Artinya, “Kebanyakan ulama seperti Syafi’iyah tidak menetapkan sejumlah syarat itu karena seseorang hanya bertanggung jawab atas amar dan nahi, tidak atas penerimaan orang lain sebagaimana firman Allah Surat An-Nur ayat 54, ‘Tiada kewajiban atasmu selain penyampaian’ dan Surat Ad-Dzariyat ayat 55, ‘’Sampaikan peringatan karena peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang beriman.’ Dari sini Imam An-Nawawi mengatakan, para ulama berpendapat bahwa perintah amar makruf dan nahi munkar tidak gugur dari seorang mukallaf karena dalam dugaannya itu tidak berfaedah. Tetapi ia wajib melakukannya. Selesai. Diringkas dari syarah penulis dan dari hasyiyah As-Syanwani,” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun], halaman 120).

Dari pelbagai keterangan ini, kita dapat menarik simpulan bahwa penyampaian dakwah, seruan kebaikan, atau dalam konteks pertanyaan ini mengajak seratus lebih pengunjung tempat hiburan malam untuk membaca shalawat nabi sangat dimungkinkan bila hal itu dilakukan dengan memenuhi norma-norma protokoler tempat hiburan malam agar tidak menimbulkan mafsadat (kaos) sebagai tindakan preventif.

Demikian jawaban singkat kami. Semoga bisa dipahami dengan baik. Kami selalu terbuka dalam menerima kritik dan saran dari para pembaca.

Wallahul muwaffiq ila aqwathih thariq,
Wassalamu ’alaikum wr. wb.


(Alhafiz Kurniawan)
Selasa 11 September 2018 18:15 WIB
Hukum Anak Menyanggah Pandangan Kedua Orang Tua
Hukum Anak Menyanggah Pandangan Kedua Orang Tua
(Foto: pinterest)
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Redaksi Bahtsul Masail NU Online, saya ingin bertanya. Saya sering kali berseberangan pandangan dengan ibu saya terutama dalam beberapa soal penting dalam hidup pribadi saya. Saya memiliki pandangan berbeda karena lebih memahami liku-liku persoalan yang tidak dimengerti oleh ibu saya. Pertanyaan saya, bolehkah saya mendebat ibu saya untuk sekadar menjelaskan inti persoalan? Mohon penjelasan. Terima kasih. Wassalamu ‘alaikum wr. wb. (hamba Allah/Semarang)

Jawaban
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Penanya yang budiman, semoga Allah SWT menurunkan rahmat-Nya untuk kita semua. Diskusi anak dan orang tua merupakan sebuah keniscayaan dan bentuk keharmonisan hubungan keduanya. Diskusi untuk mengatasi satu hal terkadang memiliki titik temu dan kadang berseberangan.

Kadang dengan ukuran-ukuran tertentu, anak melihat pandangan orang tuanya berada di jalan yang keliru. Di sini anak memiliki pandangan yang berseberangan dengan orang tuanya. Kedua pihak sering kali mempertahankan dengan gigih pendapatnya, bahkan tidak jarang orang tua memaksakan pendapatnya.

Ketika ingin meluruskan duduk persoalan dan kekeliruan pandangan orang tua, anak sering kali berhadapan dan berbenturan dengan norma sosial di masyarakat Indonesia bahwa ucapan orang tua tidak boleh dibantah, anak harus mengikuti omongan orang tua, dan membantah orang tua sama dengan melawan orang tua yang artinya durhaka, sebuah sikap tercela menurut agama dan norma sosial.

Syekh M Ibrahim Al-Baijuri mengatakan bahwa upaya menjelaskan atau meluruskan masalah meskipun dari anak terhadap orang tua merupakan tindakan terpuji menurut syariat. Kalau pun meminjam istilah durhaka terhadap orang tua, maka tindakan anak terhadap kedua orang tuanya ini merupakan “durhaka terpuji.”

وأما إذا كان لإحقاق حق وإبطال باطل أي لإظهار حقيقة الحق وإظهار بطلان الباطل فممدوح شرعا ولو من ولد لوالده فيكون عقوقا محمودا

Artinya, “Adapun bila itu bersifat mengungkapkan yang hak dan menyatakan kebatilan, yaitu menjelaskan hakikat yang hak dan menjelaskan kebatilan sesuatu yang batil, maka itu terpuji menurut syariat, sekali pun itu dilakukan oleh anak terhadap kedua orang tuanya, maka itu terbilang ‘durhaka’ yang terpuji,” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Syarah Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun] halaman 124).

Tindakan berdebat, menyanggah, membantah, mengkritik, meluruskan, menjelaskan duduk perkara, atau menyatakan yang hak, dan memisahkannya dari yang batil menjadi tercela menurut agama kalau berisi konten yang merendahkan orang lain dan mengangkat diri kita. Ini membuat tindakan tersebut menjadi tercela sebagaimana keterangan berikut ini:

كالمراء) هو لغة الاستخراج يقال ما روى فلان فلانا إذا استخرج ما عنده وعرفا منازعة الغير فيما يدعي صوابه ومحل كونه مذموما إذا كان لتحقير غيرك وإظهار مزيتك عليه

Artinya, “[Jauhi tindakan tercela] (seperti berdebat), secara bahasa artinya mengeluarkan sebagaimana kalimat, ‘Fulan mengeluarkan fulan,’ yaitu ketika si fulan meminta mengeluarkan sesuatu yang ada pada fulan. Secara adat, debat itu berselisih [debat atau sanggah] orang lain perihal sesuatu yang didakwakan kebenarannya. Tindakan ini menjadi tercela karena terletak pada sikap meremehkan orang lain dan menyatakan keistimewaan kita atas orang lain itu” (Lihat Syekh M Ibrahim Al-Baijuri, Syarah Tuhfatul Murid ala Jauharatut Tauhid, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa catatan tahun] halaman 124).

Kita harus hati-hati melihat persoalan ini karena selama ini perbedaan sikap durhaka (melawan orang tua) dan upaya mendudukkan persoalan secara proporsional oleh anak sangat tipis di masyarakat.

Kalau kembali ke masalah awal, maka yang perlu diberikan catatan adalah bahwa tindakan anak meluruskan pandangan orang tua tidak menyalahi norma sosial dan norma agama seperti durhaka, melawan orang tua, tidak sopan, su’ul adab, dan seterusnya.

Dengan kata lain, tindakan anak meluruskan pandangan orang tua boleh menurut agama.

Upaya menjelaskan persoalan dan menegaskan sikap anak terhadap orang tua harus dibedakan dari tindakan durhaka. Upaya penjelasan atau meluruskan itu juga harus melalui ukuran-ukuran tertentu yang mendekati kebenaran dan kemaslahatan.

Kami menyarankan upaya penjelasan yang dilakukan oleh anak terhadap orang tua mengenai sebuah hal harus dilakukan dengan cara yang santun, disampaikan secera teratur dan rapi, serta mencari “waktu” atau situasi yang tepat agar pengertian yang baik antara kedua pihak tercipta.

Kami juga menyarankan masing-masing pihak untuk menghargai pandangan pihak lain tanpa ada yang merasa direndahkan salah satunya. Kami juga menyarankan masing-masing pihak untuk menahan diri dari memaksakan kehendak terhadap pihak lain.

Demikian jawaban singkat kami. Semoga bisa dipahami dengan baik. Kami selalu terbuka dalam menerima kritik dan saran dari para pembaca.

Wallahul muwaffiq ila aqwathih thariq,
Wassalamu ’alaikum wr. wb.


(Alhafiz Kurniawan)